Sukses

Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Manfaat Minum Air Rebusan Kulit Pisang

Kulit pisang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya daging buahnya, siapa sangka kulit buah pisang juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Kulit pisang tinggi vitamin B6 dan B12, magnesium, kalium, serat, dan protein.

Melansir dari Naturallivingideas.com, di beberapa negara malah orang telah memanfaatkan bagian dalam kulit pisang selama beberapa dekade. Untuk kesehatan, Anda bisa mencoba merebus kulit pisang selama 10 menit kemudian menikmatinya seperti minum teh.

Berikut beberapa manfaat dari mengonsumsi air rebusan keulit pisang.

1. Meningkatkan mood

Triptofan yang terkandung dalam kulit pisang dapat membantu meningkatkan kadar hormon serotonin dan dopamin. Sebagaimana yang diketahui, hormon ini bermanfaat dalam meningkatkan suasana hati dan membantu mengatur kadar hormon stres.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Tidur lebih nyenyak

Jika Anda memiliki masalah sulit untuk tidur, cobalah untuk minum air rebusan kulit pisang. Kandungan senyawa triptofan di dalamnya dapat membuat Anda lebih mengantuk.

Terlebih bila Anda selesai mengonsumsi makan besar. Ini dikarenakan triptofan tersebut meningkatkan kadar serotonin yang membantu mengatur pola tidur dan meningkatkan kualitas istirahat.

 

3 dari 5 halaman

3. Menurunkan berat badan

Serat tinggi yang terkandung di dalam kulit pisang dapat memperlambat proses pencernaan. Ini membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Tak hanya itu, minum air rebusan kulit pisang juga membantu Anda mencegah rasa lapar. Porsi makan Anda akan lebih sedikit sehingga lebih mudah untuk mendapatkan berat badan ideal.

 

4 dari 5 halaman

4. Mencegah kanker

Senyawa antikarsinogenik yang dikandung oleh kulit pisang dapat membantu menurunkan risiko kanker. Tak hanya itu, kulit pisang juga kaya akan phytochemical seperti polifenol dan karotenoid yang merupakan antioksidan terkenal untuk memerangi kanker.

 

5 dari 5 halaman

5. Menurunkan kolestrol dan membantu memelihara kesehatan jantung

Kulit pisang terbukti mampu memangkas kolestrol tinggi dalam jumlah besar. Ini tentu bermanfaat bagi Anda yang memiliki risiko tinggi menderita penyakit jantung.

Tak hanya itu, kulit pisang juga mengandung kalium yang tinggi yang membantu menyeimbangkan cairan dan elekrolit dalam tubuh. Tubuh Anda pun akan terlindungi dari penyakit jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini