Yuk Coba, 5 Bahan Alami yang Ampuh Atasi Sakit Tenggorokan

Oleh Liputan6dotcom pada 20 Jan 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 20 Jan 2020, 09:00 WIB
Sakit tenggorokan (iStock)
Perbesar
Ilustrasi sakit tenggorokan (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan seperti ini pasti tubuh akan rentan akan penyakit. Salah satunya sakit tenggorokan yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, bukan?

Ada beberapa penyebab kamu mengalami sakit tenggorokan, di antaranya alergi, udara kering, polusi, merokok, pilek, flu, dan lainnya.

Kita juga harus memahami bahwa tidak semua sakit tenggorokan adalah sama. Kita akan mengalami beragam gejala seperti sakit saat menelan, tenggorokan kering dan gatal, kelenjar bengkak di leher dan tenggorokan, suara serak, dan sebagainnya.

Ternyata, sakit tenggorokan mampu diatasi dengan obat-obat alami rumahan. Nah, penasaran apa saja obat alami tersebut? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Sabtu (18/1/2020).

2 dari 7 halaman

1. Bawang Putih

Cara Menghilangkan Varises
Perbesar
Bawang Putih / Sumber: iStockphoto

Dikenal karena sifat antibakteri, antijamur dan antiseptiknya, bawang putih membantu mengobati sakit tenggorokan. Senyawa allicin dalam bawang putih membantu membunuh bakteri yang menyebabkan sakit tenggorokan.

Bawang putih juga bisa dipadukan dengan lemon dan masih banyak lagi untuk jadi obat sakit tenggorokan.

3 dari 7 halaman

2. Cuka Sari Apel

8 Manfaat Kesehatan Cuka Sari Apel, Yuk SImak Apa Saja
Perbesar
8 Manfaat Kesehatan Cuka Sari Apel, Yuk Simak Apa Saja

Sifat antibakteri cuka sari apel membuatnya menjadi obat penting untuk sakit tenggorokan. Tingkat keasamannya yang tinggi dapat membunuh bakteri secara efektif dan juga meredakan gatal dan sakit tenggorokan.

Campurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan sedikit jus lemon dan satu sendok teh madu bersama dengan segelas air hangat. Minumlah ini setidaknya dua kali sehari.

4 dari 7 halaman

3. Lemon

7 Alasan Mengapa Anda Wajib Minum Air Lemon Setiap Pagi
Perbesar
Penasaran dengan manfaat baik air lemon? Simak ulasan berikut ini.

Khasiat lemon membantu mengatasi sakit tenggorokan dengan menyusutkan jaringan tenggorokan yang bengkak dan menciptakan lingkungan yang tidak bersahabat (asam) untuk virus dan bakteri.

Tambahkan satu sendok teh lemon ke dalam segelas air dan aduk rata. Anda juga bisa menambahkan madu ke solusinya. Gunakan solusi untuk berkumur. Anda juga bisa merendam kulit lemon dalam satu sendok teh madu dan mengunyahnya setidaknya 3 kali sehari.

5 dari 7 halaman

4. Madu

Madu
Perbesar
Ilustrasi Foto Madu (iStockphoto)

Dikenal karena sifat antibakteri dan anti-inflamasinya, madu telah digunakan sejak lama untuk mengobati sakit tenggorokan. Dokter juga menyarankan menggunakan madu jika sakit tenggorokan Anda disertai dengan batuk.

Cukup campurkan dua sendok makan madu dengan segelas air hangat atau teh, dan minumlah sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa minum satu sendok teh madu sebelum tidur.

6 dari 7 halaman

5. Kayu Manis

Cara Mudah Memilih Kayu Manis, Rempah-Rempah dengan Segudang Manfaat
Perbesar
Kayu Manis (Sumber: www.pexels.com)

Tinggi antioksidan dan memiliki manfaat antibakteri, kayu manis yang harum adalah obat tradisional untuk pilek dan flu yang sangat efektif, karena kayu manis membantu meredakan sakit tenggorokan dengan cepat.

Ambil beberapa tetes minyak kayu manis, campur bersama satu sendok teh madu, dan minumlah dua kali sehari. Anda juga bisa menambahkan kayu manis ke herbal atau teh hitam.

Penulis:

Ayu Ester Simanjuntak

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

Lanjutkan Membaca ↓