Sukses

Yuk Coba, 5 Bahan Alami yang Ampuh Atasi Sakit Tenggorokan

Tak Perlu ke dokter spesialis saat sakit tenggorokan, cukup konsumsi obat-obatan alami ini :

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan seperti ini pasti tubuh akan rentan akan penyakit. Salah satunya sakit tenggorokan yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, bukan?

Ada beberapa penyebab kamu mengalami sakit tenggorokan, di antaranya alergi, udara kering, polusi, merokok, pilek, flu, dan lainnya.

Kita juga harus memahami bahwa tidak semua sakit tenggorokan adalah sama. Kita akan mengalami beragam gejala seperti sakit saat menelan, tenggorokan kering dan gatal, kelenjar bengkak di leher dan tenggorokan, suara serak, dan sebagainnya.

Ternyata, sakit tenggorokan mampu diatasi dengan obat-obat alami rumahan. Nah, penasaran apa saja obat alami tersebut? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Sabtu (18/1/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bawang Putih

Dikenal karena sifat antibakteri, antijamur dan antiseptiknya, bawang putih membantu mengobati sakit tenggorokan. Senyawa allicin dalam bawang putih membantu membunuh bakteri yang menyebabkan sakit tenggorokan.

Bawang putih juga bisa dipadukan dengan lemon dan masih banyak lagi untuk jadi obat sakit tenggorokan.

3 dari 6 halaman

2. Cuka Sari Apel

Sifat antibakteri cuka sari apel membuatnya menjadi obat penting untuk sakit tenggorokan. Tingkat keasamannya yang tinggi dapat membunuh bakteri secara efektif dan juga meredakan gatal dan sakit tenggorokan.

Campurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan sedikit jus lemon dan satu sendok teh madu bersama dengan segelas air hangat. Minumlah ini setidaknya dua kali sehari.

4 dari 6 halaman

3. Lemon

Khasiat lemon membantu mengatasi sakit tenggorokan dengan menyusutkan jaringan tenggorokan yang bengkak dan menciptakan lingkungan yang tidak bersahabat (asam) untuk virus dan bakteri.

Tambahkan satu sendok teh lemon ke dalam segelas air dan aduk rata. Anda juga bisa menambahkan madu ke solusinya. Gunakan solusi untuk berkumur. Anda juga bisa merendam kulit lemon dalam satu sendok teh madu dan mengunyahnya setidaknya 3 kali sehari.

5 dari 6 halaman

4. Madu

Dikenal karena sifat antibakteri dan anti-inflamasinya, madu telah digunakan sejak lama untuk mengobati sakit tenggorokan. Dokter juga menyarankan menggunakan madu jika sakit tenggorokan Anda disertai dengan batuk.

Cukup campurkan dua sendok makan madu dengan segelas air hangat atau teh, dan minumlah sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa minum satu sendok teh madu sebelum tidur.

6 dari 6 halaman

5. Kayu Manis

Tinggi antioksidan dan memiliki manfaat antibakteri, kayu manis yang harum adalah obat tradisional untuk pilek dan flu yang sangat efektif, karena kayu manis membantu meredakan sakit tenggorokan dengan cepat.

Ambil beberapa tetes minyak kayu manis, campur bersama satu sendok teh madu, dan minumlah dua kali sehari. Anda juga bisa menambahkan kayu manis ke herbal atau teh hitam.

Penulis:

Ayu Ester Simanjuntak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.