6 Cara Alami Atasi Sakit Telinga Tanpa Obat Dokter

Oleh Liputan6dotcom pada 26 Jan 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 26 Jan 2020, 10:00 WIB
Penyakit Infeksi Telinga - KlikDokter (Andrey_Popov/Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta - Ada beberapa kondisi yang dapat membahayakan kesehatan kita, salah satu masalahnya adalah sakit telinga. Rasa sakit yang mengganggu ini tentu memengaruhi pekerjaan, aktivitas, serta saat-saat santai dan relaksasi kita.

Penyebab paling umum dari sakit telinga adalah otitis media akut (AOM). Kondisi ini terutama menyerang anak-anak, dan terjadi ketika tabung eustachius tersumbat. Obstruksi menyebabkan penumpukan cairan di rongga telinga, mengakibatkan peradangan dan infeksi pada telinga tengah.

Penyebab lain dari jenis nyeri ini adalah kotoran telinga berlebih, masalah gigi, infeksi pada sinus atau tenggorokan, cedera karena perubahan tekanan, dan penggilingan gigi.

Meskipun sakit telinga bisa melemahkan dan mengganggu kehidupan sehari-hari, antibiotik tidak selalu diperlukan untuk mengobati rasa sakit. Beberapa sumber ketidaknyamanan bukan berasal dari bakteri atau karena infeksi, dan ada beberapa pengobatan rumah atau tindakan yang dapat kamu gunakan untuk mengurangi ketidaknyamanan tersebut.

Penasaran apa saja obat rumah yang mampu meredakan sakit telinga? Berikut ulasannya seperti merangkum dari Brigt Side, Minggu (26/1/2020). 

2 dari 8 halaman

1. Kompres Panas atau Dingin

Bantalan termal atau kompres dingin dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Letakkan di telingamu selama 10 menit sekali, bergantian antara panas dan dingin. Bisa juga dengan menggunakan kompres panas atau dingin saja, dan bukan suhu alternatif.

Metode ini dapat digunakan pada orang dewasa dan anak-anak, berhati-hati untuk tidak mengaplikasikan es langsung ke telinga anak-anak. Panel pemanas juga tidak boleh dinyalakan terlalu tinggi atau dibiarkan semalaman. Anak-anak tidak boleh menggunakan metode ini tanpa pengawasan orang dewasa.

3 dari 8 halaman

2. Minyak Zaitun

Tekstur minyak zaitun membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penumpukan lilin. Karena aplikasi langsungnya dapat melembutkan dan menghilangkan kelebihannya.

American Academy of Pediatrics menunjukkan bahwa menempatkan beberapa tetes minyak zaitun hangat di telinga dapat memiliki efek anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit.

4 dari 8 halaman

3. Pijat

Titik Pijatan pada Tubuh Ini Ampuh Redakan Sakit Kepala
Di atas Telinga / Sumber: Brightside.me

Untuk rasa sakit yang disebabkan oleh masalah dengan otot-otot mengunyah, cobalah memijat dengan lembut area dengan menekan dan mulai di belakang telinga, bergerak ke arah leher dengan gerakan ke bawah, dan kemudian ke arah depan.

Jenis pijatan ini juga dapat membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh infeksi telinga dan kelebihan cairan, sehingga mencegah ketidaknyamanan bertambah buruk.

5 dari 8 halaman

4. Jahe

Jahe
Ilustrasi jahe (iStockphoto)

Jahe dapat membantu mengurangi rasa sakit berkat sifat alami aktifnya, serta fakta bahwa ia antimikroba dan antijamur. Cukup oleskan jus jahe hangat di sekitar saluran telinga luar, tanpa meletakkannya langsung di telinga

6 dari 8 halaman

5. Bawang Putih

Bawang putih (Foto: iStockphoto)
Bawang putih (Foto: iStockphoto)

Selama bertahun-tahun, bawang putih telah digunakan sebagai bantuan untuk menghilangkan rasa sakit dan mencegah infeksi, berkat sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Untuk menenangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan, rendam bawang putih yang dihancurkan dengan minyak wijen selama beberapa menit. Kemudian saring dan oleskan ke saluran telinga.

 

7 dari 8 halaman

6. Penghilang Rasa Sakit yang Dijual Bebas

Beberapa obat bebas yang dapat membantu mengendalikan rasa sakit yang terkait dengan infeksi telinga adalah acetaminophen, ibuprofen dan aspirin.

Penting untuk kita ikuti instruksi dokter mengenai kadar dosis yang sesuai dan berkonsultasi sebelum memberikannya kepada anak-anak dan bayi, karena mereka biasanya membutuhkan dosis yang lebih kecil. Ingatlah bahwa tidak aman bagi anak di bawah umur untuk mengonsumsi aspirin.

Penulis: 

Ayu Ester Simanjuntak

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓