Sukses

Jangan Dibuang, Ini 4 Manfaat Konsumsi Biji Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi biji alpukat untuk kesehatan tubuh?

Liputan6.com, Jakarta - Alpukat menjadi salah satu buah yang banyak disukai karena nilai gizinya yang luar biasa. Buah yang kaya akan serat, potasium, antioksidan dan lemak sehat ini juga sering dijadikan berbagai makanan dan minuman.

Namun, tidak hanya bagian daging buahnya saja yang kaya gizi, nyatanya biji buah bewarna hijau kecokelatan ini juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh lo. Biji alpukat memiliki kandungan asam lemak, serat, karbohidrat dan protein.

Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi biji alpukat bagi kesehatanmu? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Rabu (15/1/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Menurunkan Kolesterol

Serat dalam biji alpukat membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol tinggi merupakan faktor penyebab penyakit jantung koroner, stroke, tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2.

Aktivitas antioksidan dari senyawa fenolik dalam tepung biji alpukat memiliki efek hipolipidemik dalam menurunkan kolesterol.

3 dari 5 halaman

2. Mengurangi Risiko Diabetes

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Kedokteran Malaysia, menunjukkan bahwa biji alpukat mengandung phytochemical bioaktif yang memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko diabetes.

4 dari 5 halaman

3. Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak biji alpukat dapat membantu mengendurkan pembuluh darah, yang selanjutnya membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Itu yang menjadi faktor utama penyakit jantung.

5 dari 5 halaman

4. Mengelola Penyakit Alzheimer

Menurut sebuah penelitian, biji alpukat digunakan dalam pengobatan tradisional untuk penyakit Alzheimer. Hal ini disebabkan oleh adanya aktivitas antioksidan dan kemampuan pembersihan radikal dalam biji yang terkait dengan pengobatan penyakit Alzheimer.

Biji alpukat juga ditemukan mengandung sifat fungsidal, insektisida dan anti-mikroba.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.