Sukses

Mengaku Transgender, Nikkie Tutorials Banjir Dukungan dari Netizen

Beauty vlogger bernama Nikkie de Jeger mengungkapkan bahwa dia adalah seorang transgender.

Liputan6.com, Jakarta - Beauty vloger bernama Nikkie de Jeger mengungkapkan bahwa dia adalah seorang transgender. Melalui sebuah video berjudul ‘I’m Coming Out’ yang diunggahnya di Youtube, ia mengaku senang bisa mengungkapkan hal tersebut bahkan merasa bebas.

"Aku tidak percaya aku mengatakan ini hari ini kepada kalian semua untuk dilihat seluruh dunia. Tapi sial, rasanya senang akhirnya melakukannya. Sudah waktunya untuk melepaskan dan benar-benar bebas," katanya dalam pengantar.

Dalam video yang berdurasi selama 17 menit tersebut, da Jegger mengatakan bahwa sebenarnya sudah lama ia ingin berbagi kisah tentang kehidupannya tersebut. Namun, seringkali kekuatan untuk bisa mengatakannya hilang.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejak Kecil Sudah Bergaya Feminin

Dikenal sebagai Nikkie Tutorials, ia merupakan orang yang penting dan berpengaruh dalam dunia kecantikan. Beberapa kali orang memaksanya untuk mengatakan fakta tersebut sehingga menjadi keuntungan bagi beberapa pihak yang ingin memerasnya. Namun, hal tersebut belum ia lakukan sampai bisa memenuhi persayaratannya sendiri.

Nikkie telah berbagi video tutorial dan ulasan make up selama 11 tahun.  Saat ini, ia sudah memiliki 13 juta pengikut. Kesuksesannya telah membawanya untuk bisa berkolaborasi dengan artis-artis papan atas, seperti Lady Gaga. Nikkie juga baru saja diangkat sebagai penasihat seni global untuk kecantikan oleh Marc Jacobs pada tahun lalu.

Dalam videonya ia mengungkapkan bahwa ia terlahir sebagai seorang pria, tetapi selalu diidentifikasi sebagai seorang wanita yang tumbuh dewasa.

Selain itu, ia juga menceritakan proses saat berganti gender dari laki-laki menjadi perempuan seperti saat ini. Mulai usia 6 tahun, orang tuanya mengizinkan ia untuk memanjangkan rambut. Kemudian, pada usia 7 atau 8 tahun Nikkie mulai menggunakan pakaian perempuan. Hingga pada usia 14 tahun, ia melakukan suntik hormon dan penekanan pertumbuhan. Ia berubah sepenuhnya menjadi wanita pada usia 19 tahun.

3 dari 4 halaman

Berharap Dapat Menginspirasi Orang Lain

"Ya Tuhan, ini sangat membebaskan. Anda tidak tahu bahwa selama 11 tahun saya memiliki saluran saya, ini telah terjadi pada saya, dan saya selalu ingin berbagi ini dengan Anda," katanya kepada para penggemarnya.

"Tapi aku tidak bisa percaya bahwa setelah hari ini, dunia akan tahu. Tapi ada satu hal yang aku benar-benar ingin jelaskan untuk kalian semua. Aku adalah aku. Aku masih Nikki. Tidak ada yang berubah tentang itu,” lanjutnya.

Dengan kisahnya tersebut, ia berharap dapat membantu dan menginspirasi orang lain.

"Jika kamu merasa seperti terperangkap dan tidak ada jalan keluar, ketahuilah bahwa itu akan menjadi lebih baik. Percayalah, itu akan menjadi lebih baik," katanya di akhir video.

4 dari 4 halaman

Mendapat dukungan dari berbagai pihak

Para penggemarnya dibuat kaget dengan pengakuan dalam video Nikkie tersebut. Beberapa menuliskan komentarnya dan mendukung aksinya terutama dari anggota Komunitas LGBT.

"Dia adalah inspirasi bagi banyak orang, dan saya sangat senang dia sekarang bisa menjalani kebenarannya dan merasa bebas. Dia pasti memiliki semua dukungan kami di komunitas kecantikan."

Jinkx Monsoon, Drag Queen Amerika dan mantan pemenang Ru Paul's Drag Race, termasuk di antara mereka yang memberi selamat kepada guru kecantikan karena "merebut kembali" ceritanya.

Saat ini Nikkie telah bertunangan dengan pria bernama Dylan. Sebelumnya ia belum pernah menceritakan identitas aslinya kepada tunangannya tersebut, tetapi kini ia sudah mengetahuinya. Nikkie tidak mengatakan apa pun tentang keadaan hubungannya saat ini. Namun, ia menuturkan bahwa keduanya bisa melewati bersama-sama.

 

Penulis: Ulya Kaltsum 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.