Sukses

7 Bagian Kritis di Tubuh yang Butuh Perawatan Khusus, Ini Caranya

Ada bagian tubuh yang butuh dibersihkan lebih dari yang kita duga.

Liputan6.com, Jakarta - Mengabaikan merawat beberapa bagian tubuh kita dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Misalnya, jika kita malas mencuci tangan, kita bisa berakhir dengan penyakit seperti diare.

Namun selain itu, ada bagian tubuh lain yang butuh dibersihkan lebih dari yang kita duga. Berikut ini bagian-bagian tubuh tersebut seperti dilansir dari Brightside.me

1. Pusar

Coba Anda pikirkan seberapa sering Anda membersihkan pusar. Pada kenyataannya, pusar bisa saja tetap kotor bahkan setelah mandi karena Anda lupa membersihkannya. Malahan, para peneliti mengatakan ada 67 jenis bakteri berbeda yang hidup di pusar.

Cobalah untuk membersihkannya setidaknya seminggu sekali dengan kapas. Celupkan kapas ke dalam alkohol dan gosok permukaan pusar dengan lembut. Gunakan kapas baru yang dicelupkan ke air untuk membersihkan sisa alkohol.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Kutikula

Ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan menggunting kutikula kukunya. Padahal kutikula berguna untuk melindungi kuku. Jika tak ada kutikula, Anda akan memiliki bintik-bintik putih atau garis putih pada kuku.

Alih-alih memotongnya dan membuat kuku Anda terluka, lebih baik Anda mendorong kutikula ke belakang dengan lembut. Ini akan menghadirkan ilusi kuku terlihat lebih panjang.

 

3 dari 7 halaman

3. Ketiak

Kadang ketiak bisa berbau bahkan meski Anda telah menggunakan deodoran. Malahan sebuah temuan menunjukkan bahwa semakin banyak Anda menggunakan deodoran, semakin banyak bakteri yang berkembang di ketiak.

Cara mengakalinya, jangan pakai baju poliester. Jika Anda tidak memiliki ketiak yang berbau, jangan terlalu sering menggunakan deodoran.

 

4 dari 7 halaman

4. Lidah

Bukan hanya gigi, lidah juga butuh perawatan khusus. Para ilmuwan mengatakan bahwa membersihkannya secara teratur dapat mengurangi plak dan kondisi kesehatan mulut lainnya.

Ketimbang sikat gigi, Anda bisa menggunakan pembersih lidah yang lebih efektif. Pilihlah sikat gigi berbulu halus untuk lidah Anda. Bersihkan lidah Anda sesering Anda menyikat gigi.

 

5 dari 7 halaman

5. Puting

Baik pria maupun wanita dapat mengalami masalah puting karena bagian tubuh yang satu ini sangat sensitif. Penting untuk memeriksanya setidaknya seminggu sekali untuk melihat bila ada perubahan.

Jangan pernah mengabaikan gejala seperti keputihan, perubahan pada kulit, benjolan dan nyeri yang abnormal, bau, atau gatal. Periksakan ke dokter jika Anda melihat tanda-tanda demikian.

 

6 dari 7 halaman

6. Bagian belakang telinga

Bagian belakang telinga seringkali terlewatkan untuk dibersihkan. Jika Anda tidak merawat bagian ini, bau busuk dan ruam kulit dapat muncul di sana.

Cara membersihkannya, cuci area tersebut dengan sabun dan air hangat. Jangan lupa lepaskan anting-anting sebelum tidur bagi perempuan.

 

7 dari 7 halaman

7. Sendi

Sendi Anda juga butuh perawatan ekstra agar Anda tidak kesakitan di masa depan. Sekitar 15 juta orang melaporkan mengalami nyeri sendi yang parah dan wanita cenderung mengalaminya lebih sering ketimbang pria. Sendi bisa sanga rapuh dan butuh perhatian khusus.

Cara merawatnya, konsumsi kolagen yang cukup. Ini akan membantu mengurangi nyeri sendi dan mencegah keropos tulang. Anda juga bisa memakai kaus kaki kompresi yang akan melindungi Anda dari pembengkakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini