Sukses

5 Fakta Al-Quds, Pasukan Iran yang Disegani Tentara Amerika

Berikut deretan fakta pasukan Al-Quds yang perlu kalian ketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Usai tewasnya pemimpin besar militer Iran, Qasem Soleimani, pasukan Al Quds sontak menjadi sorotan. Pasalnya, Soleimani merupakan komandan pasukan khusus milik Iran, Al Quds.

Al Quds menjadi salah satu pasukan yang disegani tentara Amerika. Di awal terbentuknya, pasukan Al-Quds bahkan telah membuat AS yang ketika itu dipimpin oleh George W. Bush, kalang kabut.

Berikut deretan fakta pasukan Al-Quds yang perlu kamu ketahui.

1. Terbentuk Tahun 1979

Al-Quds dibentuk usai terjadinya revolusi Iran pada tahun 1979. Pasukan khusus ini membela dan mendukung pemerintahan Republik Islam Iran.

Basis utama pasukan ini berada di Teheran dan terbagi menjadi beberapa grup di wilayah negara tetangga.Wilayah basis pasukan yang aktif beraksi sejak awal 1980-an ini berada di Afghanistan, Irak, Lebanon, Suriah dan Palestina. Qasem Soleimani sendiri diangkat menjadi pemimpin Al-Quds sejak tahun 1997.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Al Quds Bagian dari Garda Revolusi Iran

Berdasarkan Council on Foreign Relations (CFR), Al-Quds merupakan satu dari delapan pasukan Islamic Revoluntionary Guard Corps (IRGC) atau Garda Revolusi Iran. Organisasi yang saat ini dipimpin oleh Ali Khamenei ini memiliki kurang lebih 125 ribu pasukan militer.

3 dari 5 halaman

3. Aktif Perang di Beberapa Negara Timur Tengah

Pasukan Al-Quds dikatakan aktif perang di beberapa wilayah di Timur Tengah, seperti di Lebanon. Pasukan Al-Quds juga terlibat dalam pembentukan Popular Mobilization Force (PMF) di Irak. Tak hanya itu, di Gaza, Palestina, pasukan Al-Quds juga mendukung Hamas.

4 dari 5 halaman

4. Miliki Formasi Militer Kuat

Nampaknya kekuatan pasukan ini tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, Al-Quds memiliki formasi militer yang cukup kuat yaitu terdiri dari sekitar 17-20 ribu personel terlatih.

5 dari 5 halaman

5. Dipimpin Ismail Qaani Usai Tewasnya Qasem Soleimani

Ismail Qaani ditunjuk oleh Ali Khamenei jadi pengganti Qasem Soleimani. Sebelum ditunjuk sebagai pemimpin Al-Quds, Qaani telah lama berkecimpung di dunia militer Timur Tengah dan perang. Ia merupakan veteran militer yang pernah mengomandani pasukan Nasr-5 dan Imam Reza-21.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.