Tak Banyak yang Tahu, 6 Benda Ini Ternyata Punya Masa Kedaluwarsa

Oleh Camelia pada 08 Jan 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 09 Jan 2020, 23:13 WIB
Sepatu Putih

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari kita tentu kerap kali mengecek masa kedaluwarsa setiap makanan yang hendak dikonsumsi. Namun, tak banyak dari kita yang menyadari bahwa tak hanya makanan, benda-benda yang kerap kita gunakan setiap hari juga memiliki masa kedaluwarsa loh.

Dikutip dari Brightside, Rabu (2/1/2020), berikut masa kedaluwarsa deretan benda yang kita gunakan setiap hari.

1. Bantal (2-3 tahun)

 

[Bintang] Demi Kesehatan, Berapa Kali Kamu Harus Cuci 5 Barang Pribadi Ini?
Bantal harus dicuci atau laundry dua kali setahun. | via: thesun.co.uk

Seiring berjalannya waktu, bantal yang dikenakan setiap hari akan berubah bentuk. Ini bisa menyebabkan rasa sakit pada leher. Maka itu, kamu dianjurkan untuk mengganti bantal setiap 2-3 tahun pemakaian.

2 of 7

2. Sandal (6 bulan)

5 Alas Kaki yang Nggak Kalah Nyaman dari Sandal Jepit
Sandal jepit | Via: istimewa

Sandal juga merupakan salah satu benda yang digunakan setiap hari. Tak banyak yang tahu, bahwa masa kedaluwarsa sandal hanyalah 6 bulan.

Hal ini untuk menghindari penyakit dari jamur yang menyebar pada sandal tersebut. Namun, hal ini bisa kamu minimalisir dengan mencucinya secara rutin.

3 of 7

3. Handuk (1-3 tahun)

Ilustrasi Handuk
Ilustrasi handuk (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Handuk yang basah jadi tempat perkembangan jamur dan bakteri. Meski dicuci dengan rutin pun, ada baiknya kamu mengganti handuk setiap 1-3 tahun sekali.

4 of 7

4. Sikat Gigi (3 bulan)

Sikat Gigi
Sikat gigi dibasahi setelah diolesi odol. (iStockphoto)

Ada baiknya kamu mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali. Namun, kamu juga dianjurkan untuk mengganti sikat gigi usai sembuh dari sakit seperti flu. Hal ini untuk menghindari kamu terjangkit penyakit yang sama.

5 of 7

5. Bra (1-2 tahun)

bra
ilustrasi melepas bra/Photo by Zun Zun from Pexels

Bra juga rentan mengalami perubahan bentuk dan elistisitasnya. Hal ini membuat kamu tak nyaman mengenakannya. Oleh karena itu, para wanita dianjurkan untuk mengganti bra setiap 1-2 tahun sekali.

6 of 7

6. Sepatu lari (1 tahun)

Sepatu Olahraga Sepatu Lari
Ilustrasi Foto Sepatu Olahraga (iStockphoto)

Tentu banyak yang masih menggunakan sepatu lari hingga bertahun-tahun lamanya. Namun, kamu dianjurkan untuk menggantinya setelah 1 tahun pemakaian. Pasalnya, setiap menempuh jarak 400 kilo, sepatu akan kehilangan kenyamanannya dan berpengaruh pada kualitas lari.

7 of 7

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓