Sukses

Menyayat Hati, 5 Potret Pilu Satwa Liar Korban Kebakaran Hutan Australia

Beberapa foto satwa liar yang meminta tolong saat kebakaran hutan Australia, membuat warganet sedih.

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran hutan yang terjadi di Australia pada Minggu (5/1/2020), menyebabkan matinya hewan liar asli Australia, seperti kanguru, koala, reptil, burung, dan lainnya.

Beberapa foto yang beredar di media sosial Twitter menampilkan berbagai macam keadaan dan suasana yang terjadi akibat kebakaran hutan Australia. Mulai dari seorang petugas pemadam kebakaran yang menolong koala dengan memberikan air minum hingga kanguru yang tampak sedih sambil memeluk manusia.

Kondisi pilu tersebut pun sontak mencuri perhatian publik, khususnya para pengguna jejaring sosial. Banyak dari warganet bahkan menanggapi musibah kebakaran hutan Australia dengan berbagai respons.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tagar #PrayForAustralia

Melalui #PrayForAustralia, masyarakat dari berbagai belahan dunia mendoakan agar keselamatan menyertai para korban kebakaran hutan di daerah New South Wales (NSW) dan Victoria.

Video dan foto yang beredar di media sosial menunjukkan bagaimana perjuangan pertugas kebakaran meredakan kobaran api yang menghanguskan hutan, serta binatang-binatang liar yang berlarian menyelamatkan diri.

Tak sedikit pula dari hewan-hewan tersebut berlarian ke arah petugas untuk meminta perlindungan. Dengan instingnya, hewan-hewan ini seolah tahu bahwa manusia dapat menolong mereka.

Tersebarnya foto dan video seekor kanguru dan koala yang memeluk erat manusia membuat hati tersayat. Terlihat mereka sangat ketakutan dan meminta pertolongan. Bahkan, terlihat para petugas yang memeluk hewan-hewan tak berdaya tersebut dan berusaha menenangkan mereka.

Berikut potret menyayat hati hewan-hewan yang menjadi korban kebakaran hutan di Australia, seperti merangkum dari Twitter.

 

3 dari 7 halaman

1. Petugas Damkar Memberi Minum Koala-Koala

Tampak seorang pemadam kebakaran cekatan menolong seekor koala dan memberikannya minum. Terlihat koala tersebut sesak akibat asap kebakaran hutan. Dalam fotonya, koala tersebut tampak memegang erat tangan sang petugas seolah tidak mau ditinggalkan.

4 dari 7 halaman

2. Koala Memeluk Kaki Manusia untuk Meminta Pertolongan

Seekor koala tampak menghampiri seorang petugas. Ia kemudian memeluk kaki sang petugas dengan erat. Terlihat koala tersebut ketakutan dan meminta pertolongan pada petugas.

5 dari 7 halaman

3. Kanguru Tampak Merangkul Erat Seorang Wanita

Hewan-hewan ini terlihat saling menguatkan dengan manusia. Dalam foto tersebut terlihat seorang kanguru memeluk seorang wanita dengan erat. Tampak sorot matanya begitu ketakutan dan tak berdaya. Raut wajahnya yang memeluk manusia begitu sedih karena kebakaran hutan tersebut.

6 dari 7 halaman

4. Kanguru Mati Terbakar

Seekor kanguru terlihat mati terbakar dengan kondisi yang menyedihkan. Tampak tubuhnya gosong karena kebakaran hutan tersebut.

7 dari 7 halaman

5. Koala dan Kanguru Musnah Akibat Kebakaran Hutan

Melansir News, Selasa (6/1/2020), sekitar 5,7 juta hektar lahan terbakar. Sekitar 10 juta orang diracuni oleh asap liar, dan 500 juta hewan mati. 

"Habitat hewan-hewan liar asli Australia musnah akibat kebakaran hutan. Jumlah hewan yang mati diperkirakan mencapai 480 juta, termasuk koala dan kangguru," tulis akun @KitaSayangPakde.

Australia menghadapi kebakaran hutan sejak September 2019 yang menyebabkan kondisi udara yang berbahaya terutama di bagian Timur dam Barat Daya Sydney.

Penulis:

Ulya Kaltsum

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.