7 Cara Ampuh Memotong Bawang Merah Tanpa Menangis

Oleh Liputan6.com pada 05 Jan 2020, 18:15 WIB
Diperbarui 05 Jan 2020, 18:15 WIB
Liputan 6 default 4
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta - Memasak menjadi aktivitas yang disukai banyak orang. Namun, ada saja kendala yang membuat aktivitas tersebut menyebalkan, seperti menyiapkan bahan-bahan untuk membuat sebuah masakan.

Bawang menjadi salah satu yang banyak digunakan individu dalam setiap hidangan. Bawang bisa memberikan aroma khas dan juga membuat masakan semakin sedap.

Namun berbeda dengan bawang putih, butuh “perjuangan” lebih untuk mengupas bawang merah. Ketika mengupas bawang merah pasti matamu akan terasa pedih, hingga tak jarang dari kamu yang mengeluarkan air mata. Tapi itu harus dilakukan jika ingin memasak menggunakan bawang merah.

Nyatanya ada beberapa hal yang ampuh membantumu terhindar dari mata pedih ketika mengupas bawang merah. Penasaran apa saja? Berikut cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari mata perih saat mengupas atau memotong bawang merah.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Masukkan Bawang Terlebih Dahulu ke Dalam Lemari Es

1. Hal pertama yang bisa kamu lakukan, coba untuk mendinginkan bawang terlebih dahulu di dalam lemari es sebelum mengupasnya. Hal ini bisa memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan oleh bawang saat dipotong.

2. Usahakan menggunakan pisau yang tajam, untuk membantu mengurangi penguapan zat yang membuat mata pedih.

3. Kamu juga bisa memanfaatkan cuka untuk mengurangi cairan yang bisa menyebabkan mata pedih.

4. Lalu, kamu bisa nyalakan lilin di dekat talenan atau cobalah mengiris bawang di dekat kompor panas. Hal ini bisa menjauhkan belerang dari matamu.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Selanjutnya

5. Kamu juga bisa mengupas bawang di bawah air yang mengalir untuk menghindari mata pedih. Cara ini diklaim bisa membantu menghindari air yang membuat pedih.

6. Selanjutnya yang bisa kamu lakukan yakni biarkan akar bawang tetap utuh dan tak terpotong. Ini karena ujung akar bawang merah memiliki konsentrasi terbesar dari senyawa belerang sehingga jika dipotong akan buat mata pedih.

7. Cara terakhir yang bisa dilakukan, manfaatkan garam untuk menghindari zat yang menyebabkan mata pedih. Cukup oleskan garam pada talenan yang digunakan untuk memotong bawang.

Reporter:

Ayu Puji Lestari

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓