Sukses

Jaga Kesehatan Ginjal dengan Konsumsi 3 Minuman Ini

Ada beberapa jenis minuman yang dapat membantu menjaga ginjal agar tetap sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kesehatan ginjal amat penting. Karena organ ini berperan dalam menyaring racun dan kotoran. Salah satu cara menjaga kesehatannya yaitu dengan mengonsumsi minuman yang baik bagi ginjal.

Ada beberapa jenis minuman yang dapat membantu menjaga ginjal agar tetap sehat. Apa saja? Melansir dari Huffington Post, ini dia.

1. Air mineral/air putih

Air mineral memiliki banyak peran penting bagi tubuh seperti membuang racun, mengangkut nutrisi, dan mengatur suhu tubuh. Tak heran, memenuhi kebutuhan air mineral yang dibutuhkan tubuh dapat menjaga kesehatan ginjal.

Minum banyak air tak hanya membantu ginjal berfungsi dengan baik, tapi juga mampu menyaring limbah dan racun dari darah dengan mengeluarkannya dalam bentuk urine.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Anggur/wine

Sebuah penelitian yang dipresentasikan saat pertemuan National Kidney Foundation menjelaskan manfaat mengonsumsi anggur. Mengonsumsinya secara moderat ternyata dapat menjaga kesehatan ginjal dan melindungi jantung pada pasien yang sudah memiliki penyakit ginjal.

Tim ahli menemukan mereka yang mengonsumsi kurang dari satu gelas anggur sehari punya prevalensi 37 persen lebih rendah terkena penyakit ginjal kronis ketimbang yang tidak minum anggur sama sekali.

 

3 dari 3 halaman

3. Jus Cranberry

Cranberry mengandung senyawa yang dapat membunuh E. Coli, bakteri penyebab infeksi saluran kemih (ISK). Sebagian besar bakteri ISK berada di kandung kemih.

Namun, bila tak diobati dengan cepat, penyakit ini dapat menyebar ke ureter dan masuk ke ginjal. Itu bisa menyebabkan infeksi ginjal yang lebih parah dan menyakitkan yaitu pielonefritis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.