5 Fakta Menarik Seputar Natal, Identik dengan Santa Claus hingga Pohon Natal

Oleh Yulia Lisnawati pada 25 Des 2019, 15:00 WIB
Diperbarui 25 Des 2019, 15:00 WIB
Ilustrasi Natal
Perbesar
Ilustrasi Natal (pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta - Hari Natal menjadi momen yang banyak dinantikan umat Kristiani di dunia. Perayaan tahunan tersebut sangat identik dengan pohon pinus yang dihiasi berbagai aksesoris dan sosok kakek berkostum serba merah atau lebih dikenal dengan-- Santa Claus.

Namun tahukah kamu, ternyata beberapa hal yang identik dengan Natal memiliki fakta yang belum diketahui banyak orang. Penasaran apa saja fakta tersembunyi mengenai perayaan Natal? Berikut ulasannya, seperti melansir dari Toptenz, Rabu (25/12/2019).

1. Santa Claus

Siapapun pasti bertanya-tanya mengenai keberadaan dan asal usul Santa Claus dalam perayaan Natal, bukan? Odin dipercaya merupakan utusan Tuhan yang legenda dan lantas menjadi latar belakang lahirnya Santa Claus. Menurut legenda, Odin adalah pemimpin Wild Hunt yang memiliki kuda berkaki delapan.

Dan sama seperti kisah Santa Claus, Odin kerap datang memberi hadiah di sepatu yang sudah disiapkan oleh anak-anak. Namun di sepatu itulah, anak-anak harus mengisi dengan wortel, jerami, gula di dekat cerobong atas. Dan setelah itu, barulah Odin akan menggantinya dengan memberi hadiah, permen dan mainan kepada mereka.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:


2. Pohon Natal

Pohon Natal Unik dari Ribuan Botol Plastik dan Kantong Plastik
Perbesar
Tiga pohon natal unik memanfaatkan botol dan kantong plastik bekas untuk perayaan natal 2019 di GKJW Jemaat Kedungkandang, Kota Malang (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Perayaan Natal memang identik dengan pohon pinus yang diberi berbagai hiasan. Nah, pernakah kamu terpikir siapa di balik terciptanya pohon Natal? Ternyata ada beberapa versi cerita mengenai pohon Natal pertama dalam sejarah.

Kisah pertama sejarah pohon Natal yang berasal dari Latvia. Namun, cerita yang paling kredibel ialah Martin Luther, sebagai orang pertama yang menghias pohon Natal. Teolog Jerman dan biksu itu berjalan di hutan dan terinspirasi oleh keindahan semua bintang yang bersinar di langit. Ia merasakan adanya perpaduan cahaya langit dan pohon cemara yang sangat indah.

Jadi dia memutuskan untuk menebang pohon kecil dan membawanya kembali ke rumah. Dia menempatkan banyak lilin kecil di cabang-cabang pohon, dan dari sanalah, ide pohon Natal lahir.


3. Lagu Natal

Setiap Natal, kita pasti tak asing lagi dengan berbagai lagu sebagai perayaan atas datangnya hari Natal itu sendiri. Dan dalam hal ini, lagu yang paling sering kita dengarkan adalah Jinggle Bells. Nah, sebelumnya apakah kamu yakin bahwa lagu itu merupakan lagu Natal?

Kamu mungkin tidak tahu bahwa Jingle Bells bukanlah lagu Natal seperti yang selama ini kita pikirkan. Bahkan judul asli lagu tersebut adalah 'One Horse Open Sleigh' yang ditulis untuk perayaan thanksgiving. Namun, entah mengapa seiring berjalannya waktu, lagu tersebut justru menjadi lagu Natal yang sangat terkenal di seluruh dunia.


4. Warna yang Identik dengan Natal

Seperti yang kita ketahui, bahwa hari Natal selalu identik dengan tiga warna yang mewarnainya. Warna tersebut diantaranya, hijau, merah, dan juga emas. Namun tahukah kamu, apakah tiga warna tersebut hanya kebetulan belaka ataukah terdapat kisahnya?

Tiga warna itu ternyata memiliki arti khusus lo. Hijau yang diwakili oleh pohon Natal, melambangkan kehidupan dan kelahiran kembali. Juga, di beberapa negara Kristen seperti Yunani dan Rumania, hijau melambangkan kebangkitan Yesus.

Sementara itu, merah mewakili darah Yesus, serta apel yang dimakan Hawa sebelum Ia dan Adam di keluarkan dari Ede. Dan emas melambangkan terang, cahaya spiritual bahwa Yesus membawa berkat kelahiran dan kebangkitan-Nya.


5. Putus Saat Natal

Jika kamu berada dalam hubungan yang bermasalah dengan kekasih dan sedang mencari waktu yang tepat untuk berpisah, kita mungkin memiliki solusi yang bagus untukmu. Menurut sebuah studi di Facebook, dua minggu sebelum Natal adalah salah satu saat yang paling populer bagi sepasang kekasih untuk putus.

Masih belum diketahui alasan dan asal usul terjadinya solusi yang satu ini. Namun, nampaknya beberapa orang pernah mengikuti solusi untuk putus di hari Natal ini. Atau karena memang sudah ada yang lain yah?

Reporter:

Oem

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya