Sukses

6 Tips Ampuh Bersihkan Peralatan Dapur dalam 10 Menit

Ini beberapa tips sanitasi yang akan membuat hidupmu di dapur lebih menyenangkan

Liputan6.com, Jakarta - Membersihkan dapur memang bukan aktivitas menyenangkan, terutama bagi individu sibuk atau orang tua yang memilki anak-anak. Jika kamu menginginkan dapur yang bersih berkilau dalam waktu singkat, kamu bisa lakukan beberapa cara sederhana ini.

Berikut beberapa tips sanitasi yang akan membuat hidupmu di dapur lebih menyenangkan, seperti melansir Brightside, Senin (23/12/2019).

1. Rebus Lemon dalam Air untuk Membersihkan Microwave

Untuk membersihkan microwave, kamu bisa merebus lemon ke dalam segelas air bersama dengan kulitnya. Lalu masukkan rebusan lemon tersebut ke dalam mangkuk selama lima menit dengan suhu tinggi.

Biarkan air lemon tersebut di dalam microwave selama 15 menit. Uap akan melakukan kerja keras dan kamu bisa dengan mudah menghilangkan kotoran sesudahnya dengan menyekanya dengan kain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Rebus Irisan Jeruk dengan Rempah-rempah untuk Menghilangkan Bau

Pertama-tama potong jeruk menjadi irisan dan masukkan ke dalam panci berisi air. Ingatlah, airnya harus menutupi jeruk ya.

Lalu tempatkan panci di atas kompor dan tambahkan rempah-rempah favoritmu. Kayu manis atau pala dan cengkeh mungking yang paling efektif.

Selanjutnya nyalakan kompor dan biarkan mendidih selama yang kamu inginkan. Hanya dalam lima menit, kamu akan mulai mencium aroma di udara. Kamu juga bisa mengisi ulang air dan menggunakan campuran lebih dari satu kali.

3 dari 6 halaman

3. Taburkan Bubuk Kopi di Piring Kotor untuk Menghindari Bau Sisa Makanan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan, taburkan beberapa sendok kopi di atas piring kotor yang akan kamu cuci. Lalu tunggu beberapa detik dan kemudian mulai mencuci tanpa membilas bubuk kopi.

Selanjutnya bilas dengan air hangat dan kamu akan melihat piring-piring kotormu mengilap dalam waktu singkat.

4 dari 6 halaman

4. Bersihkan Parut Keju dengan Lemon

Potong lemon menjadi dua dan gosok parutan menggunakan sisi lemon itu. Setelah kamu selesai, bilas alat parutan tersebut dengan air hangat dan kamu akan memiliki alat tersebut seperti baru.

5 dari 6 halaman

5. Garam Akan Membantumu Menghilangkan Kotoran di dalam Oven

Saat kamu selesai memanggang, selagi oven masih panas, taburkan garam di atas tumpahan makanan. Tunggu beberapa menit. Garam akan berubah menjadi abu dan ini adalah saat yang tepat bagimu untuk menghapus kotoran tersebut dalam oven.

6 dari 6 halaman

6. Pakai Irisan Lemon untuk Membersihkan dan Mempertajam Pisau Blender

Pertama-tama potong satu atau dua lemon perempat dan bekukan irisan tersebut. Lalu masukkan irisan lemon beku tersebut dan nyalakan bleder, tahan selama 1 hingga 3 menit.

Selanjutnya cuci bersih blender dengan air, kamu akan lihat hasilnya karena pisau blender akan mengkilap dan tajam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini