6 Cara Alami dan Ampuh Basmi Serangga di Rumah Tanpa Insektisida

Oleh Yulia Lisnawati pada 20 Des 2019, 14:05 WIB
Diperbarui 20 Des 2019, 14:05 WIB
Ilustrasi Serangga

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu tentu mendambakan tempat tinggal yang bersih dan sehat, seperti bebas dari serangga. Nah, saat 'kedatangan tamu tidak diundang' tersebut (serangga), tentu akan membuatmu kesal, bukan?

Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan untuk mengusir serangga di dalam rumah. Biasanya hal yang paling sering digunakan yakni insektisida atau semprotan pembasmi serangga. Hanya saja, bahan kimia pada semprotan serangga tersebut bisa membuat risiko bagi kesehatan.

Namun nyatanya, ada lo bahan alami yang dijamin ampuh membasmi serangga di rumah. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir Brightside, Jumat (20/12/2019).

2 dari 7 halaman

1. Minyak Lemon atau Peppermint

Meski tidak seefektif picaridin biasa, semprotan minyak atsiri (minyak peppermint dan lemon) buatan rumah memiliki efek anti nyamuk, semut dan serangga lainnya.

Kunci agar berhasil mengusir serangga dengan minyak esensial, yakni kamu harus menerapkan semprotan setiap jam dan harus memiliki minyak dengan konsentrasi setidaknya 10% dan hingga 50%.

3 dari 7 halaman

2. Membakar Tanaman Seperti Kayu Putih

Menggunakan api untuk menakuti binatang atau serangga menjadi teknik yang telah digunakan sejak lama. Api unggun besar belum tentu diinginkan atau dibutuhkan di rumah, tapi nyatanya asap yang dihasilkan berfungsi sebagai penolak yang efektif, tergantung pada apa yang kamu bakar.

Studi ini menunjukkan bagaimana berbagai asap tanaman, termasuk kayu putih bisa menjadi pengusir serangga.

4 dari 7 halaman

3. Tanaman Tomat

Daun tomat secara alami mengandung zat yang disebut IBI 246, yang bertindak sebagai penolak nyamuk dan kutu. Studi ini menunjukkan bahwa itu sama efektifnya dengan DEET (obat anti nyamuk), tapi tanpa merusak lingkungan atau kesehatanmu.

5 dari 7 halaman

4. Campuran Cabai, Bawang Putih dan Air Sabun

Semprotan cabai digunakan sebagai pencegah serangga yang efektif. Tapi kamu harus berhati-hati untuk tidak menerapkannya pada apa pun yang bisa dimakan dan untuk menghindari kontak mata dan tanganmu.

Kamu juga bisa memadukannya dengan bawang putih dan sedikit sabun.

6 dari 7 halaman

5. Makan Bawang Putih

Selama percobaan yang dilakukan dengan personil militer Swedia, para peneliti menemukan bahwa individu yang mengkonsumsi bawang putih pekat dosis tinggi secara signifikan lebih sedikit digigit oleh kutu daripada rekan-rekan mereka.

7 dari 7 halaman

6. Pakai LED

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2016, menyimpulkan bahwa meski semua lampu menarik serangga, LED memiliki potensi untuk mengurangi jumlah tamu yang tidak diinginkan jika dibandingkan dengan biasa.

Jika kamu benar-benar membutuhkan lampu menyala di malam hari, kamu mungkin mempertimbangkan untuk mengganti bohlam LED.

 

Lanjutkan Membaca ↓