Sukses

Jayaboard Bangun 2 Gedung Sekolah TK Ramah Anak di Boyolali

TK Pertiwi 2 Jelok awalnya memiliki kondisi fisik yang sangat memprihatinkan sedangkan TK Pertiwi Tegalrejo selama 52 tahun tidak memiliki bangunannya sendiri dan selalu menumpang

Liputan6.com, Jakarta - PT Petrojaya Boral Plasterboard, produsen papan gipsum Jayaboard, melakukan serah terima sekaligus peresmian 2 bangunan Taman Kanak – Kanak, di antaranya TK Pertiwi 2 Jelok dan TK Pertiwi Tegalrejo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu siang (14/12/2019).

Serah terima dilakukan dengan penandatanganan dan penyerahan plakat oleh Presiden Direktur Jayaboard, Andi Chandra, didampingi ars86care Foundation chairman, Riyadi D Ekariyanto , selaku yayasan sosial yang bekerjasama dalam pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) Jayaboard, kepada Kepala Desa Jelok, H. Suparno, Kepala Sekolah TK Pertiwi 2 Jelok, Wahyu Widyaningsih, Kepala Desa Tegalrejo, Sarmanto dan Kepala Sekolah TK Pertiwi Tegalrejo, Hara Pratesti.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Selanjutnya

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perangkat desa, guru sekolah, anak-anak, orang tua murid dan juga manajemen Jayaboard selaku donatur. Melalui program Space to Build, Jayaboard bersama ars86care Foundation membangun 2 bangunan sekolah TK yang proses konstruksinya berjalan bertahap sejak Agustus hingga Desember 2019.

 

3 dari 6 halaman

Selanjutnya

TK Pertiwi 2 Jelok awalnya memiliki kondisi fisik yang sangat memprihatinkan, seperti ruangan kelas untuk kegiatan belajar sangat kecil, bahkan para siswa harus meminjam toilet di gedung SD tetangga karena tidak memiliki toilet sendiri. Sedangkan TK Pertiwi Tegalrejo selama 52 tahun tidak memiliki bangunannya sendiri dan selalu menumpang ruangan serba guna dari SD di Desa yang sama.

“Bangunan sekolah tersebut kondisinya memprihatinkan dan kurang kondusif untuk digunakan sehari-hari oleh murid-murid TK yang rerata usianya masih di bawah 7 tahun. Maka itu kami merasa terpanggil untuk membangun kedua sekolah ini agar proses belajar berjalan lebih nyaman dan aman,” ujar Andi kepada pewarta usai acara penyerahan gedung sekolah di Boyolali, Sabtu (14/12).

 

4 dari 6 halaman

Selanjutnya

Sementara Riyadi berharap, kerja sama kemanusiaan bersama Jayaboard terus berlanjut demi pemenuhan hak anak Indonesia untuk pendidikan yang berkualitas, “Kami sangat mengapresiasi inisiatif Jayaboard sebagai perusahaan global di Indonesia yang perduli dengan kualitas hidup anak, masyarakat dan lingkungan di sekitarnya,” katanya.

 

5 dari 6 halaman

Selanjutnya

Pembangunan kedua sekolah tersebut meliputi dua ruang kelas, koridor, Unit Kesehatan Sekolah (UKS), ruang guru, dapur, tempat cuci tangan anak dan toilet. Konstruksi mengandalkan Jayaboard Byhua Ceiling Panel ukuran 600 x 600 mm dengan ketebalan 9 mm. Panel gypsum Byhua tersebut memiliki tekstur yang unik, tahan lendut dan tidak menjalarkan api. Material juga bebas asbestos sehingga aman bagi kesehatan anak-anak.

6 dari 6 halaman

Selanjutnya

Kedua bangunan sekolah juga dirancang ramah lingkungan dengan menambahkan fitur hijau pada bangunan seperti ventilasi silang sehingga ruangan terasa nyaman dengan udara alami, sumur resapan, vertical garden dan tanaman peneduh di beberapa sudut lahan sekolah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini