Sukses

Mager hingga Pansos, Deretan Kata Kekinian Ini Berhasil Masuk KBBI

Berikut deretan kata kekinian yang berhasil masuk KBBI

Liputan6.com, Jakarta Di zaman yang semakin maju ini, beberapa kata baru dan kekinian juga hadir sebagai tren di kalangan masyarakat khususnya anak muda. Pada bulan Oktober lalu, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) melakukan seribu pemutakhiran kata yang masuk ke dalam KBBI pada edisi terbaru.

Pemutakhiran kata pada edisi terbaru ini mencakup penambahan, pembaharuan entri, makna serta perubahan informasi etimologis pada kata-kata tersebut. Biasanya, dalam melakukan informasi perubahan etimologis ini selalu melibatkan para ahli etimologi dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Berikut deretan kata kekinian yang berhasil masuk ke dalam KBBI:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mager

Siapa yang tidak tahu dengan kata yang satu ini? Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita menggunakan kata "mager" sebagai istilah bahwa kita malas untuk melakukan kegiatan apapun. Dalam KBBI, kata "mager" berarti malas bergerak atau bisa dikatakan tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas.

3 dari 6 halaman

2. Pulkam

Kata "pulkam" biasanya sering digunakan pada saat liburan telah tiba, kata ini memiliki kepanjang dari pulang kampung. Di Indonesia, "pulkam" adalah salah satu ciri khas dari kebiasaan orang Indonesia yang akan melakukan perjalanan untuk menuju kampung halaman.

4 dari 6 halaman

3. Julid

Untuk para wanita, siapa yang tidak kenal dengan kata yang satu ini? Kata julid pertama-tama dipopulerkan oleh artis tanah air yaitu, Syahrini. Dalam KBBI, kata julid berarti iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Julid ini juga biasanya dilakukan dengan menulis komentar, status maupun pendapat di media sosial yang menyudutkan orang tertentu.

5 dari 6 halaman

4. Pansos

Untuk pengguna media sosial rasanya tidak asing lagi dengan kata yang satu ini. Kata pansos berarti orang-orang yang melakukan panjat sosial. Biasanya, kata ini dapat diartikan sebagai usaha seseorang dalam melakukan pencitraan diri agar mendapatkan perhatian dan memiliki status sosial yang tinggi.

Orang-orang yang melakukan pansos ini dapat dilihat dari unggahan video, foto ataupun tulisan mereka di media sosial agar dapat lebih dikenal dan menjadi artis dadakan.

6 dari 6 halaman

5. CIE

Untuk kata ini, pasti hampir semua dari kalian pernah mengucapkannya baik secara sengaja ataupun tidak sengaja. Kata "cie" ini sering kita gunakan untuk menggoda seseorang saat sedang jatuh cinta agar tersipu malu, hayo ngaku siapa yang sering mengucapkan kata ini? Kata "cie" sendiri merupakan singkatan yang diambil dari bahasa Inggris yaitu, kata ‘Cause I’m Envy’.

 

Penulis: Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.