Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Libatkan Banyak Pengrajin Batik

Oleh Liputan6.com pada 12 Des 2019, 15:00 WIB
Diperbarui 12 Des 2019, 15:00 WIB
Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Libatkan Banyak Pengrajin Batik

Liputan6.com, Jakarta - PT. Bank Indonesia kembali menggelar acara tahunannya dengan mengusung tema Sinergi, Transformasi, dan Inovasi untuk Indonesia Maju, yang berlangsung di Pullman, Jakarta, (10/12/2019).

Acara yang rutin diselenggarakan tiap tahunnya ini memilih empat label batik. Elemwe Batik Betawi menjadi salah satu batik yang tampil berkolaborasi dengan desainer Tanah Air, Wignyo Indonesia Fashion Chamber.

Namun, kehadiran Elemwe kali ini sedikit berbeda, selain menampilkan kain motif ikon Kota Jakarta, juga memperkenalkan Langgeng Batik yaitu kumpulan para pengrajin batik di Jakarta, yang merupakan binaan Elemwe.

"Langgeng Batik adalah wadah bagi pengrajin binaan Elemwe dalam memproduksi semua batik desain Elemwe, dengan harapan Jakarta bisa benar-benar memiliki pengrajin batik yang mampu membuat batik Betawi, dan lainnya," kata Lily Mariasari, desainer sekaligus pemilik label Elemwe, Jakarta, (11/12/2019).

2 dari 3 halaman

Beri Kesempatan Pengrajin Batik untuk Berkembang

Dengan adanya para pengrajin batik di Jakarta, yang mengerjakan batik Betawi tentu menjadi peluang usaha. "Itu juga untuk meningkatkan kehidupan para pengrajin di Jakarta, karena membuka peluang usaha batik," lanjut Lily.

Selain misinya mempromosikan seni budaya Betawi, Lily berharap ada kerjasama yang baik dengan semua pihak untuk memberikan kesempatan kepada para pengrajin yang ingin maju dan berkembang. Dalam show kali ini, Elemwe menampilkan empat desain kain batik.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓