5 Bentuk Bokong yang Bisa Ungkap Masalah Kesehatan Tubuhmu

Oleh Yulia Lisnawati pada 10 Des 2019, 19:00 WIB
Diperbarui 11 Des 2019, 08:00 WIB
Ilustrasi bokong

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti menemukan bahwa salah satu bagian tubuh yang paling banyak menyimpan lemak, yakni bokong. Nyatanya bokong juga bisa memprediksi kondisi jantung dan pembuluh darah seseorang lo.

Setiap individu tentu memiliki bentuk bokong yang berbeda. Nah, ada lima jenis bokong, tapi kelima jenis ini juga bisa menunjukkan banyak hal atau masalah tentang kesehatanmu. Penasaran seperti apa? Berikut ulasannya seperti melansir dari Brightside, Selasa (10/12/2019).

Pertama-tama kamu perlu mengetahui jenis bokongmu. Untuk mengetahuinya, kamu bisa cek gambar berikut ini. 

5 Bentuk Bokong yang Bisa Ungkap Masalah Kesehatan Tubuhmu
(brightside.me)

1. Bokong Bentuk Persegi

Bentuk bokong ini menyimpan lemak di sekitar love handles (lemak berlebihan di bagian tengah tubuh). Ini berarti kamu tidak cukup berolahraga atau kamu memilih program yang salah untuk pelatihanmu yang tidak membantumu membakar lemak di bagian tertentu. Juga, mungkin disebabkan oleh hormon yang disebut kortisol yang bisa memicu masalah tidur.

Individu yang memiliki bentuk bokong seperti ini biasanya memiliki metabolisme yang baik dan menambah berat badan secara proporsional.

2 dari 6 halaman

2. Bokong Bentuk Hati

Bentuk ini ditandai oleh bagian yang lebih besar di bagian bawah, pinggul lebar dan pinggang yang tipis. Individu yang memiliki bentuk bokong ini cenderung lebih mudah menghilangkan lemak, tapi ketika berat badan naik, lemak akan berfokus di bagian love handles.

Jika paha dan pinggulmu menjadi terlalu besar karena lemak, itu mungkin mengindikasikan bahwa kamu melakukan diet yang salah. Selain itu, tingkat aktivitasmu terlalu rendah dan kamu sedang mengalami stres.

Untuk pria dan wanita, itu bisa menandakan bahwa kamu berlebihan dalam mengkonsumsi alkohol. Jika kamu membawa beban ekstra di pinggul, itu bisa meningkatkan risiko osteoatritis dan selulit.

3 dari 6 halaman

3. Bokong Bentuk Segitiga Terbalik

Seiring bertambahnya usia, lemak dari bokongmu mulai bergerak ke bagian lain dari tubuh. Ini bisa terjadi karena kadar estrogen yang rendah dan bisa menyebabkan masalah jantung, depresi, tulang lemah, risiko infeksi saluran kemih dan penambahan berat badan.

4 dari 6 halaman

4. Bokong Berbentuk Bulat

Jika kamu memiliki bentuk bokong seperti ini, berarti kamu individu yang sehat, karena semuanya proposional. Jika kamu menjalani gaya hidup yang salah, lemak bisa terjebak dalam glutes. Jadi lebih baik mengendalikan kesehatanmu sehingga kamu tidak kehilangan bentuk tubuh yang sempurna.

5 dari 6 halaman

5. Bokong Rata

Jika kamu memiliki bokong rata, kamu mungkin mengalami "dead butt syndrome." Aktifitas memaksa kita untuk menghabiskan banyak waktu duduk di kantor, di depan Tv atau saat berpergian. Ini menyebabkan bokong kita mengalami amnesia gluteal.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓