Sukses

Jangan Salah Pilih, Ketahui 5 Makna Bunga yang Perlu Kamu Tahu

Setiap jenis bunga memiliki makna dan simbolisme tersendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Bunga kerap disimbolkan sebagai bentuk keindahan. Selain warnanya yang cantik, bunga juga memberikan wangi yang semerbak. Tak hanya untuk hiasan di rumah, bunga kerap kali dipilih sebagai hadiah kepada orang spesial.

Ada begitu banyak jenis bunga yang bisa kamu pilih. Namun, ada baiknya kamu mengetahui setiap makna dari bunga-bunga tersebut. Setiap jenis bunga memiliki makna dan simbolisme tersendiri. Agar tak salah pilih, ada baiknya kaMU mengenal setidaknya 5 jenis bunga dan maknanya berikut ini.

1. Bunga Mawar

Bunga mawar nampaknya menjadi bunga yang disenangi oleh sebagian besar wanita. Tak hanya cantik, mawar juga harum.

Bunga mawar merah menjadi bunga mawar yang sering dipilih sebagai hadiah. Selain itu, mawar melambangkan cinta dan romantisme. Berbeda dengan mawar putih yang melambangkan ketulusan, kemurnian dan juga rasa simpati.

2. Bunga Melati

Tak hanya mawar, bunga melati juga disimbolkan dengan cinta. Namun, beberapa budaya menganggap melati mewakili apresiasi dan keberuntungan.

Melati juga kerap digunakan dalam upacara pernikahan karena mewakili kesucian. Sementara bunga melati di acara pemakaman melambangkan perpisahan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Bunga Tulip

Bunga yang berasal dari negara Belanda ini tak hanya cantik tapi juga elegan. Bunga tulip dikatakan memiliki makna berbeda dilihat dari warnanya.

Bunga tulip merah dikaitkan dengan cinta yang dalam. Tulip ungu melambangkan simbol elegan dan kesempurnaan. Sementara tulip putih melambangkan kesucian, kerendahan hati dan penghormatan.

4. Bunga Matahari

Bunga matahari diklaim sebagai bunga yang melambangkan kesetiaan. Ini sama seperti karakter bunga matahari sendiri yang selalu tumbuh mengikuti arah cahaya matahari.

Dikutip dari ProFlowers, bunga matahari juga dikenal sebagai bunga yang identik dengan rasa bahagia, sehingga bisa menjadi hadiah yang sempurna untuk menyampaikan harapan atas hadirnya hari yang membawa kebahagiaan bagi seseorang.

5. Bunga Anggrek

Dikutip dari Teleflora, bunga anggrek mewakili cinta, kemewahan, serta keindahan yang langka. Anggrek pink melambangkan suka cita dan kebahagiaan. Sementara anggrek ungu memiliki makna rasa hormat dan kekaguman. Selain itu anggrek putih melambangkan keanggunan dan keindahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.