Sukses

Jangan Dibuang, Ini 4 Trik Atasi Masakan yang Keasinan

Jika memasak keasinan, kamu bisa mengakalinya dengan beberapa trik mudah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika memasak seringkali kita tak sengaja menambahkan bumbu dalam jumlah yang cukup banyak. Seperti salah satu yang paling sering ialah garam. Akibatnya masakan menjadi keasinan dan tak nikmat untuk disantap.

Namun, kamu tak perlu langsung membuangnya. Kamu bisa mengakalinya dengan beberapa trik yang mudah dilakukan. Berikut deretan trik untuk mengatasi masakan yang keasinan tersebut.

1. Kentang

Masukkan kentang yang telah dikupas ke dalam masakan yang keasinan. Diamkan selama beberapa saat hingga permukaan kentang menjadi transparan. Hal ini jadi pertanda kentang telah menyerap kandungan garam pada masakan. Setelah itu, angkat kentang dan hasilnya masakan menjadi tak terlalu asin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Gula

Cara selanjutnya untuk mengakali masakan yang keasinan ialah dengan memanfaatkan gula. Masukkan sedikit gula kemudian aduk rasa. Jika masakan dirasa masih terlalu asin, tambahkan gula kembali. Lakukan hingga rasa masakan kembali normal.

Ingat ya, jangan masukkan gula dalam jumlah banyak dalam satu waktu. Ini bisa membuat masakan justru kemanisan dan membuat masakan tak bisa dinikmati lagi.

3. Tambahkan Air

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan ialah menambahkan air kepada masakan seperti sup, soto, dan aneka makanan berkuah lain.

4. Tambah Bahan Lain

Namun jika masakan yang kamu buat tidak berkuah, cara untuk "menyelamatkan" masakan yang keasinan dengan menambahkan bahan lain. Seperti contohnya untuk tumisan, kamu bisa menambahkan potongan ayam, kentang, atau tomat. Atau untuk contoh lain seperti nasi goreng, kamu bisa menambahkan nasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.