Sukses

Biro Humas Kemnaker Jajal Jadi Presenter di Studio SCTV

Biro Humas Kementerian Tenaga Kerja Indonesia berkesempatan untuk berkunjung ke News Room SCTV di SCTV Tower, Kamis (28/11/2019).

Liputan6.com, Jakarta Biro Humas Kementerian Tenaga Kerja Indonesia berkesempatan untuk berkunjung ke News Room SCTV di SCTV Tower, Kamis (28/11/2019). Kunjungan itu merupakan rangkaian acara workshop yang diadakan oleh Biro Humas Kemenaker bersama Digi-X Liputan6. Acara dimulai selama selama dua hari ini (27-28 November) berlokasi di kantor KLY, Gondangdia, Cikini dan SCTV Tower.

Saat di studio SCTV, para peserta yang berjumlah 18 orang tersebut belajar mengenai proses pemberitaan di Liputan6. Tak hanya itu, para peserta juga berkesempatan untuk belajar menjadi presenter di depan kamera.

Pembelajaran itu dijadikan sebuah kompetisi untuk bisa tampil membawakan berita dan dinilai langsung oleh presenter Liputan6, Reza Ramadhansyah. Akhirnya terpilihlah dua peserta yang layak menjadi pemenang dalam tantangan itu.

Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga Biro Humas Kemenaker, Fidia Arif mengatakan acara workshop bersama Digi-X menjadi pengalaman baru serta bisa memberikan ilmu mengenai dunia digital.

"Ini merupakan pengalaman yang baru dan tentu bisa menjadi kenangan tersendiri bagi teman-teman unit biro humas Kemenaker. Apalagi setelah diajarkan teori dan praktik, kami diajak juga untuk melihat secara langsung studio SCTV," ujar Fidia.

 

Sebelumnya, lanjut Fidia para peserta dari biro humas Kemenaker juga diberikan pelatihan mengenai konten digital. mulai dari membuat konsen sampai menjepret yang bagus hanya menggunakan smartphone.

"Kalau tadi ada sesi pengambilan foto dengan smartphone. Kita diajarkan tips dan trik pada sesi tersebut. Selian itu, kita juga diberikan pelatihan mengenai media sosial agar bisa menarik kaum milenial," tutur Fidia.

Ia berharap, dengan adanya pelatihan tersebut bisa memberikan ilmu baru kepada para peserta dari Biro Humas Kemenaker dan bisa menggelar pelatihan lainnya.

Sebelumnya, rangkaian acara dimulai dengan workshop. Para peserta diberikan bekal mengenai jurnalisme digital, mobile journalism atau mojo, video animation dan infographics, video content, sampai mengenai fotografi.

Mereka diajak untuk membuat tulisan siaran pers yang efektif, membuat tulisan siaran pers, dan evaluasi. Workshop itu berikan oleh Direktur Konten KLY, Wenceslaus Manggut.

Selain itu, para peserta juga diberikan pelatihan membuat konten video bersama Head of Liputan6 Digi-X,  Andi Muhyiddin. Pada sesi itu, para peserta diajak membuat video dengan ponsel dengan tema ‘Satu jam mahir membuat video dengan smartphone’ dan ‘Membuat sequence video dengan smartphone’.

 

Tak hanya pelatihan, peserta juga diajak untuk praktek langsung membuat video tersebut. Terlihat, para peserta sangat antusias dalam pelatihan tersebut.

Usai pelatihan membuat konten video, para peserta dari biro humas Kementrans juga diajak tur ke kantor KLY.

Untuk hari kedua, para peserta diajak untuk membuat poster dengan smartphone. Dalam hal itu, Head of Liputan6 Digi-X,  Andi Muhyiddin juga memberikan masukan aplikasi apa saja yang menunjang untuk membuat poster dengan smartphone.

Usai pelatihan tersebut, para peserta juga diberikan materi mengenai dunia media sosial. Selain itu, ada pula pelatihan mengenai fotografi bersama Head Multimedia, Bola.com, Peksi Cahyo.

Pada sesi itu, para peserta juga diberika tips dan trik untuk mendapatkan momen yang baik dalam menggunakan smartphone photography. Para peserta juga diajak langsung untuk praktik dalam pengambilan gambar yang baik dan tepat.

  

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.