Sukses

Tak Selalu Buruk, Ketahui 6 Manfaat Saat Mengalami Stres

Sering dianggap negatif, stres memiliki manfaat yang baik lho!

Liputan6.com, Jakarta Stres sering dianggap merugikan bagi manusia. Sebenarnya ada dua jenis stres yang dialami oleh manusia, yaitu stres kronis dan stres baik. Stres kronis memang memiliki dampak yang buruk, seperti dapat mengurangi berat badan seseorang, membuat insomnia, bahkan stres kronis juga dapat merusak kesehatan mentalmu.

Bukan hanya memiliki dampak negatif, stres juga memiliki dampak yang positif loh. Stres yang memberikan manfaat bagi tubuh adalah stres yang masih dalam tingkatan ringan hingga sedang. Stres ini dapat melatih respon tubuhmu setiap harinya. Yuk simak 6 manfaat stres berikut ini!

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Diri menjadi lebih kuat dan tangguh

Stres dengan tingkat ringan hingga sedang ternyata dapat membuat kamu menjadi lebih tangguh. Di saat masalah hadir dan kamu mencoba untuk menyelesaikan lalu mencari solusinya, saat itulah dirimu akan berlatih menghadapi masalah-masalah yang akan datang di kemudian hari. Kamu akan beradaptasi dengan kondisi yang ada dan membuat mentalmu menjadi lebih kuat.

3 dari 7 halaman

2. Melatih otak menjadi lebih cerdas

Ketika stres, kita akan mencari hal-hal baru untuk refresh diri. Saat itulah kamu bisa melatih kreativitas dan menjadi lebih produktif dari biasanya. Hal ini sama ketika kamu harus mengerjakan sesuatu dengan waktu yang ketat.

4 dari 7 halaman

3. Ingatanmu menjadi lebih kuat

Ternyata stres dapat juga membantu kita untuk bisa mengingat lebih kuat. Sebab, koneksi antar sel akan meningkat saat kamu mengalami stres ringan hingga sedang. Stres dapat membantu kamu mengingat bagaimana cara mengatasi masalah bila menemui masalah yang sama.

5 dari 7 halaman

4. Meningkatkan percaya diri

Stres dapat memaksa seseorang untuk menyelesaikan masalah yang sedang dialaminya. Dari situlah stres dapat meningkatkan kepercayaan diri dan menambah keterampilan seseorang di masa depan. Meningkatnya kepercayaan diri dan ketahanan seseorang membuat kamu bisa lebih mengendalikan situasi yang terjadi. 

6 dari 7 halaman

5. Membantumu saat belajar

Tingkat stres yang sedang ternyata dapat meningkatkan motivasi. Hal ini menguntungkan karena membuatmu menjadi lebih fokus saat belajar dan memungkinkan untuk menyerap pelajaran lebih banyak. Itulah sebabnya kamu bisa memahami banyak hal dalam waktu singkat saat menghadapi ujian.

7 dari 7 halaman

6. Melindungi diri dari penyakit

Stres tingkat sedang rupanya dapat melindungi dirimu dari beberapa jenis penyakit. Hal ini karena kerusakan oksidatif yang terlindungi sehingga mencegah penuaan. Selain itu stres juga bisa meningkatkan kekebalan tubuhmu.

 

 

Ulya Kaltsum 

Politeknik Negeri Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.