Sukses

Tidak Perlu Khawatir, 5 Makanan Ini Aman Bagi Penderita Diabetes

Bagi kamu penderita diabetes, kamu wajib mengetahui deretan makanan yang aman bagi tubuhmu.

Liputan6.com, Jakarta Diabetes merupakan penyakit yang memiliki jangka waktu yang lama serta kronis. Biasanya penderita diabetes ini ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) yang berada di atas normal. Penyebab seseorang terkena diabetes ini beragam, salah satunya adalah penumpukan glukosa dalam darah yang tidak dapat diserap oleh sel tubuh dengan baik.

Biasanya, seseorang yang menderita diabetes akan kesulitan untuk memilih makanan yang sehat dan aman untuk dimakan. Sekarang kamu tidak perlu khawatir, 5 makanan ini dijamin aman bagi kamu penderita diabetes.

Berikut 5 makanan yang aman dan baik bagi penderita diabetes:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sayuran Hijau

Selain menyehatkan, sayuran hijau ini juga dikenal sebagai makanan yang rendah kalori dan kaya akan vitamin, mineral dan juga nutrisi yang baik untuk tubuh. Beberapa penilitian menunjukan bahwa, penurunan gula darah diabetes dapat diatasi oleh kandungan antioksidan lutein dan zaexanthin yang melimpah.

Selain antioksidan berguna untuk menurunkan gula darah, antioksidan juga berguna untuk membantu serta melindungi mata dari degenerasi makula dan katarak. Gimana, banyak kan manfaat dari sayuran hijau ini?

3 dari 6 halaman

2. Telur

Telur, makanan yang satu ini ternyata masuk ke dalam makanan yang aman yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Telur dikenal memiliki segudang manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh, seperti mengurangi risiko penyakit jantung.

Tak hanya aman bagi penderita diabetes dan mengurangi risiko penyakit jantung, ternyata telur juga dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan sensitivitas pada insulin. Seperti sayuran hijau, telur juga menjadi sumber terbaik dari lutein dan zaexanthin.

4 dari 6 halaman

3. Ubi Jalar

Makanan yang satu ini terkenal dengan sifat mengenyangkannya. Selain itu, ubi jalar ini juga berguna untuk mengendalikan gula darah bagi penderita diabetes, karena ubi jalar dinilai memiliki indeks gilkemik yang rendah daripada kentang.

Semakin rendah nilai gilkemiknya, maka makanan akan semakin lambat untuk diproses agar menjadi glukosa. Hal ini berarti bahwa setiap makanan yang memiliki gilkemik rendah tidak akan membuat gula darah Anda melonjak naik.

5 dari 6 halaman

4. Kacang

Makanan yang satu ini dikenal dengan makanan yang memiliki serat  dan juga protein. Kacang juga pilihan makanan yang tepat bagi kamu penderita diabetes karena mengandung karbohidrat kompleks dan tentu memiliki gilkemik yang rendah.

Tapi ingat, tidak semua kacang yang memiliki tingkat keamanan bagi penderita dibetes. Kamu hanya boleh mengonsumsi kacang almond, kacang mete, kacang kenari, kacang tanah, kacang merah, dan kacang pstachio.

6 dari 6 halaman

5. Stroberi

Bagi kamu pecinta stroberi, ternyata buah yang satu ini sangat baik dan aman dikonsumsi untuk penderita diabetes loh. Stroberi dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan antioksidan sebagai antosianin, hal ini terbukti bahwa stroberi dapat mengurangi insulin dan kadar kolestron setelah makan.

 

Penulis: Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.