Sukses

Level Kompetisi Kemampuan Mengeja dalam Bahasa Inggris Anak Indonesia Meningkat

Spelling Bee adalah sebuah kompetisi yang menguji kemampuan literasi dan kecakapan peserta dalam mengeja sebuah kata.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai bentuk komitmen untuk turut serta memajukan pendidikan di Indonesia, EF English Centers for Kids & Teens kembali mengadakan EF Spelling Bee 2019.

Spelling Bee adalah sebuah kompetisi yang menguji kemampuan literasi dan kecakapan peserta dalam mengeja sebuah kata.

Dalam kompetisi ini, para peserta secara tidak langsung dibawa dalam sebuah proses belajar yang berkesinambungan, baik dalam hal peningkatan kemampuan eja dan literasi, maupun membangun kepercayaan diri. Proses pembelajaran dan kemampuan dalam mengeja kata adalah hal yang sangat penting dalam peningkatan kemampuan bahasa Inggris secara umum.

Dalam penelitian bertajuk Understanding Spelling oleh O’Sullivan and Thomas (2007), menyebutkan bahwa kemampuan mengeja anak berkaitan erat dengan kemampuannya dalam memahami bahasa dan kecenderungan untuk memiliki minat membaca.

Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia DR. Agus Salim, Msi mengatakan bahwa keterampilan berbahasa Inggris adalah salah satu keterampilan paling penting yang dibutuhkan anak-anak saat ini, karena mereka harus mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan tentunya akan membawa mereka jauh dalam kehidupan di masa depan.

"Hal tersebut juga akan memberi mereka peluang lebih baik dalam konteks pergaulan secara global,” kata Agus Salim dalam sambutnya saat membuka gelaran kompetisi nasional EF Spelling Bee 2019. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

700 Peserta

Sebelum masuk kompetisi tingkat nasional, seluruh peserta harus mengikuti tahap kualifikasi yang dilakukan secara serentak di 34 kota di Indonesia.

Kurang lebih 700 peserta yang lolos pada tahap kualifikasi dibagi menjadi empat grup yakni; grup A (kelas 1-2 SD); grup B (kelas 3-4 SD); grup C (kelas 5-6 SD); dan grup D (kelas 1-3 SMP). Masing-masing grup ini pun kembali harus melewati tahap pre-eliminasi yang dilaksanakan di hari yang sama dengan babak grand final, di Tennis Indoor Senayan, Jakarta (24/11).

“Antusiasme pada kompetisi tahun ini sangat luar biasa. Terbukti dengan lebih dari 15.000 peserta berusia 6 hingga 14 tahun telah berpartisipasi dalam kompetisi tingkat regional beberapa minggu lalu, kata Erditya Arfah, Marketing Director EF English Centers for Kids & Teens.

 

3 dari 3 halaman

Level Kompetisi Meningkat

Erditya menambahkan bahwa level kompetisi yang ditunjukkan tahun ini lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini menjadi indikasi bahwa tingkatan kemampuan bahasa Inggris anak-anak Indonesia kerap meningkat setiap tahunnya.

“Kami berharap, EF Spelling Bee 2019 dapat menjadi motivasi bagi anak-anak Indonesia untuk meningkatkan kemampuan mengeja kata dan mengembangkan literasi dalam bahasa Inggris,” pungkas Erditya.

Kompetisi yang diadakan sejak 2003 ini kini menjadi salah satu ajang perlombaan mengeja dalam bahasa Inggris terbesar dan paling bergengsi di Indonesia. Terbukti dengan banyaknya jumlah peserta yang turut berpartisipasi pada perhelatan tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.