Viral Ujian Praktik Sekolah Super Unik, Siswa Bikin Pesta Nikah Sungguhan

Oleh Liputan6dotcom pada 27 Nov 2019, 18:00 WIB
Diperbarui 29 Nov 2019, 15:13 WIB
Praktik Nikah (1)

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki kelas 12 Sekolah Menengah Atas (SMA), biasanya kita selalu menjalani berbagai macam ujian sebagai syarat kelulusan sekolah, salah satunya ujian praktik.

Ujian praktik dilakukan guna mengukur kemampuan seseorang dalam berpengetahuan pada sebuah mata pelajaran. Dalam hal ini, biasanya para guru akan memberikan beberapa tugas untuk dilakukan setiap siswa secara langsung.

Ujian praktik ini tentu saja berbeda dengan ujian tertulis, ujian praktik selalu membutuhkan tindakan yang aktif dan tentu saja kreatif dari setiap siswa yang mengikuti ujian tersebut.

Sebuah unggahan di Twitter baru-baru ini menjadi perbincangan viral warganet karena menampilkan ujian praktik tidak biasa di sebuah sekolah di Bandung. Foto yang diunggah akun @FerdhianBaga itu memperlihatkan sekelompok siswa di SMA BPI 1 Bandung, tengah melakukan ujian praktik menikah.

"Di saat sekolah lain ada yang viral nikah-nikahan. SMA gue bener-bener ada ujian praktek nikah woy,” tulis akun Twitter @FerdhianBagas.

Menariknya, semua yang dibutuhkan pada saat pernikahan, seperti undangan, seserahan dan juga makanan prasmanan turut disediakan di sekolah tersebut. Diketahui praktik pernikahan itu menjadi praktik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam bab ‘Nikah’.

2 of 5

Viral

Twitter
Ilustrasi Twitter (iStockPhoto)

Twit yang diunggah pada 22 November itu pun menjadi perbincangan viral di kalangan warganet dan berhasil disukai sebanyak  15 ribu dan sudah dibagikan lebih dari 9 ribu. Selain itu, warganet juga menanggapinya dengan beragam respons.

“Disekolahku duluu ada yg praktek nikah kayak gini, trus beberapa tahun kemudian mereka malah nikah beneran,” tulis akun Twitter @wiyninaa.

“Gua sih doa nya pelajaran ini praktek stiap minggu nya, biar bisa makan gratis tnpa harus kondangan dulu,” sahut akun lainnya.

“Waktu SMK gue fokus belajar tentang kiamat, kenapa pak guru tidak buat simulasi kiamat,” tulis akun lainnya.

“Auto sah kalo pake nama asli juga,” tulis akun @rskarth.

3 of 5

Warganet Bagikan Pengalamannya

Unggahan akun Twitter @FerdhianBagas ini membuat warganet membagikan pengalaman serupa dengan ujian praktik yang dilakukan SMA BPI 1 Bandung. Bahkan, salah satu warganet juga ada menikah dengan orang yang sama pada saat ujian praktik menikah saat SMA dahulu.

“Dulu pas SMA pernah praktek nikah juga, gue sebagai pengantin cewenya. 4 tahun kemudian nikah beneran sm org yg sama pas praktek,” komentar akun @rkartikawidya.

4 of 5

Praktik yang Berbeda

Ilustrasi Mayat
Ilustrasi Mayat (Istimewa)

Akun Twitter @FerdhianBagas mengatakan bahwa ujian praktik kali ini berbeda dengan ujian praktik dirinya pada saat duduk di bangku SMA dahulu. “Dulu jaman aku praktiknya berbeda, saya dulu lulus tahun 2015,” kata Ferdhian saat dihubungi tim Citizen6-Liputan6.com, Rabu (27/11/2019).

“Saya dulu praktik salat mayit kalau ga salah,” tambah Ferdhian.

Penulis:

Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

5 of 5

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by