Wajib Dicoba, Basmi Plak di Gigi dengan Bahan Alami Ini

Oleh Yulia Lisnawati pada 26 Nov 2019, 19:00 WIB
Diperbarui 28 Nov 2019, 18:13 WIB
Cara Murah Atasi Karang Gigi: Gosok Gigi ke Sela Gigi

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki senyum yang sempurna tentu diinginkan setiap individu. Tentu itu menjadi salah satu fitur paling menarik untuk menunjang penampilan, bukan?

Sayangnya, ada banyak hal yang bisa membahayakanmu, seperti merokok, terlalu banyak minum-minuman berkafein, dan tidak merawat gigi.

 

Jika kamu ingin memiliki gigi yang bebas dari plak, kamu bisa mencoba cara mudah ini dengan menggunakan bahan alami. Penasaran apa saja bahan alami untuk basmi plak gigimu? Berikut ulasannya.

1. Arang aktif

Meski tak banyak lagi yang memakai bahan ini, tapi sesungguhnya arang aktif memiliki manfaat untuk membersihkan karang gigi. Senyawanya dapat menghilangkan sisa makanan, memperbaiki email gigi, dan mencegah infeksi bakteri.

Jika kamu tertarik memakai arang aktif, kamu cukup haluskan arang dan campur dengan sedikit air. Kemudian, aduk hingga menyerupai pasta. Gunakan untuk menyikat gigi setelahnya diamkan selama 3-5 menit, baru berkumur. Untuk hasil maksimal, lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

2 of 3

2. Soda kue

Soda kue memang memiliki beragam manfaat, salah satunya untuk membersihkan karang gigi. Selain mudah didapat, harga soda kue juga sangat terjangkau.

Jika kamu tertarik menggunakan soda kue untuk membersihkan karang gigimu, kamu hanya perlu menyiapkan soda kue dan minyak kelapa. Kandungan antimikroba campuran keduanya tak hanya membuat gigi tampak lebih sehat dan putih, tapi juga bisa membasmi bakteri.

Cara membuatnya pun tak sulit. Campurkan saja soda kue, minyak kelapa, dan minyak mint dengan proporsional yang tak jauh beda, aduk hingga menyerupai pasta. Gunakan untuk menyikat gigi dan lakukan setiap hari selama satu minggu agar hasilnya maksimal.

Penulis:

Ayu Puji Lestari

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by