Sukses

Harus Diperhatikan, 5 Tanda Tidak Biasa yang Tunjukkan Masalah Kesehatan

Jangan dianggap sepele, deretan tanda pada kaki ini bisa tunjukkan masalah kesehatan yang sedang dialami.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh yang senantiasa sehat. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk rutin berolahraga dan menjaga pola makan. Sayangnya, tak sedikit orang yang kerap mengabaikan hal penting tersebut.

Tak hanya itu, bahkan banyak pula yang tak menyadari bahwa dirinya telah mengidap penyakit. Ya, kamu nampaknya patut teliti dengan perubahan yang dialami pada tubuh. Bisa jadi hal tersebut menjadi gejala adanya penyakit yang cukup serius.

Salah satu bagian tubuh yang kerap menunjukkan gejala penyakit yang diderita adalah kaki. Beberapa perubahan pada kaki seperti kaki bengkak, lebam dan nyeri tanpa alasan bisa menjadi tanda kamu mengidap penyakit yang cukup serius.

Melansir dari Brightside, Senin (25/11/2019), berikut uraiannya.

1. Kaki Bengkak

Kaki yang bengkak tak hanya disebabkan karena terlalu lama berdiri, tapi juga bisa jadi gejala beberapa masalah kesehatan. Seperti adanya masalah pada jantung dan hati. Banyak masalah pada jantung yang menyebabkan cairan terjebak di kaki bagian bawah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kaki Berwarna Biru atau Ungu

Kamu pernah mengalami perubahan warna kaki menjadi biru atau ungu? Bisa jadi hal ini disebabkan karena pembuluh darah tersumbat. Coba gerakan kaki hingga peredaran darah bisa kembali lancar.

3. Memar Tanpa Sebab

Menjadi hal yang tak wajar jika bagian kaki mengalami memar tanpa sebab. Jangan dianggap remeh, bisa jadi hal ini disebabkan oleh penyakit hati, peradangan pada pembuluh darah, atau masalah autoimun. Jadi ada baiknya kamu periksakan diri ke dokter ya.

4. Ruam

Kamu patut waspada jika terdapat ruam merah atau keunguan yang cukup banyak pada bagian kaki. Selain gejala alergi, bisa jadi ruam tersebut merupakan gejala dari penyakit autoimun seperti lupus.

 

3 dari 3 halaman

5. Varises

Varises ditandai dengan pembuluh vena yang berwarna ungu atau biru gelap dan menonjol. Varises paling sering terjadi di area tungkai terutama betis.

Varises bisa terjadi selama masa kehamilan atau dialami oleh orang dengan berat badan berlebih atau obesitas. Umumnya varises terjadi karena pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah vena yang disebabkan oleh penumpukan darah dalam pembuluh tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.