Waspada, 7 Tanda Tak Terduga Bipolar yang Sering Diabaikan

Oleh Sulung Lahitani pada 25 Nov 2019, 17:02 WIB
Diperbarui 27 Nov 2019, 09:13 WIB
Ilustrasi Bipolar (4)

Liputan6.com, Jakarta - Ada sekitar 46 juta orang dengan gangguan bipolar di seluruh dunia. Bipolaritas memengaruhi tingkat energi orang, suasana hati mereka, kegiatan sosial, dan bahkan kapasitas mereka untuk melakukan tugas sehari-hari.

Ada beberapa gejala atau tanda bipolar yang mungkin tanpa disadari terjadi pada Anda. Amat penting memerhatikan tanda-tanda tersebut dan mencari bantuan sebelum penyakitnya makin parah.

Semua gejala-gejala tersebut dapat muncul secara terpisah atau sekaligus. Melansir dari Brightside.me, ini dia gejala-gejala tersebut.

1. Sulit untuk tidur

Pola tidur banyak berubah ketika Anda memiliki gangguan bipolar. Anda bahkan mungkin mengalami insomnia yang berlangsung selama berminggu-minggu dan akan mengganggu Anda. Kebutuhan tidur dapat berkurang dan Anda mungkin merasa lelah sepanjang hari.

 

2 of 5

2. Tak bisa fokus

[Bintang] Wanita Pengemudi Ugal-ugalan di Senayan Idap Penyakit Bipolar
Bukan karena menggunakan narkoba, wanita pengemudi ugal-ugalan di Senayan ternyata mengidap penyakit bipolar. (Ilustrasi: health.com)

Saat Anda bipolar, Anda akan mudah terganggu di manapun Anda berada. Ini terjadi karena orang dengan gangguan bipolar mengalami perubahan suasana hati. Saat mencoba untuk fokus pada satu tugas, mereka kemudian memiliki pemikiran muncul entah dari mana dan mulai melakukan hal-hal lain.

3. Terlalu percaya diri

Ketika orang memiliki gangguan bipolar, mereka dapat mengalami delusi muluk. Mereka merasa superior dan kebal. Mereka memiliki dorongan kepercayaan diri dan percaya mereka memiliki lebih banyak kekuatan, pengetahuan, dan hal penting.

 

3 of 5

4. Berpikir terlalu cepat dan terlalu banyak

Sulit Hadapi Pasangan Bad Mood? Intip 4 Cara Berikut
Hubungan percintaan mengikat antara dua hati dan pikiran yang sering kali membutuhkan kendali keras untuk saling menjaga emosi keduanya

Orang yang bipolar berpikir terlalu cepat dan terlalu banyak. Mereka dapat memiliki suksesi pikiran yang cepat di pikiran mereka yang tak dapat dihentikan. Ini akan memengaruhi kesadaran mereka dan dapat mencegah mereka menjalani kehidupan sehari-hari dan mengendalikan emosi mereka.

5. Berbicara terlalu banyak

Orang bipolar juga memiliki pikiran yang cepat ketika mereka berbicara dengan orang lain. Mereka dapat dengan mudah melompat dari satu subjek ke subjek lainnya dan akhirnya terlalu banyak bicara.

Mereka memiliki keinginan besar untuk berbicara dalam jangka waktu yang lama dan mengatakan banyak hal. Mereka mungkin juga merasa perlu untuk berbicara keras dan dengan orang lain.

 

4 of 5

6. Berada dalam suasana hati yang hebat

bahagia
ilustrasi bahagia/Photo by Freshh Connection on Unsplash

Orang dengan gangguan bipolar juga dapat mengalami episode mood yang meningkat. Ini juga dikenal sebagai maniak.

Selama episode maniak, mereka akan merasa sangat bahagia dan bersemangat tentang segalanya. Seolah mengalami hal terbaik dalam hidup mereka. Namun, episode-episode ini seringkali diikuti oleh episode-episode depresi.

7. Merasa sangat mudah tersinggung

Orang bipolar bisa merasa sangat mudah marah. Bahkan hal-hal terkecil dapat mengganggu mereka dan membuat mereka meledak. Mereka juga bisa sangat marah tanpa alasan yang jelas ketika sifat lekas marah mereka didorong hingga batas.

5 of 5

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by