Sukses

3 Cara Mudah Menyingkirkan Kebiasaan Berpikir Negatif

Menurut para ahli, pikiran negatif dapat digantikan dengan pikiran positif jika seseorang sering melatihnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pikiran negatif pada umumnya adalah ide-ide yang muncul tiba-tiba dalam pikiran kita. Pikiran-pikiran ini sebagian besar adalah bayangan ketika kita merasa sedang dalam keadaan gelisah atau pikiran yang kosong. Selama waktu ini lah, ada berbagai jenis pikiran yang masuk melalui pikiran kita.

Pikiran negatif ini cenderung akan menguras energi kita yang sebenarnya belum tentu juga akan terjadi kepada kita. Oleh karena itu, penting untuk kita belajar bagaimana kita dapat mengalihkan pikiran kita dari pikiran-pikiran negatif tersebut.

Menurut para ahli, pikiran negatif dapat digantikan dengan pikiran positif jika seseorang sering melatihnya. Tim peneliti Dr. Fredrickson menemukan bukti bahwa dengan latihan meditasi yang berfokus pada belas kasih dan kebaikan dengan kurun waktu selama enam minggu bisa meningkatkan emosi positif.

Tidak hanya itu, mereka juga mengklaim bahwa meditasi mampu melatih fungsi salah satu saraf utama yang bertugas mengontrol denyut jantung.

“Hasil penelitian menunjukan bahwa, meluangkan waktu untuk mempelajari keterampilan untuk menghasilkan emosi positif secara mandiri dapat membantu kita menjadi lebih sehat, lebih berjiwa sosial, pendeknya versi yang lebih tangguh dari diri kita sendiri,” jelas  Dr. Fredrickson, seperti mengutio bulletin National Institutes of Health tahun 2015.

Namun, selain melakukan meditasi, berikut beberapa hal yang wajib kamu coba saat pikiran negatif melanda dirimu

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Bertanya Pada Diri Sendiri

Sebelum menghilangkan pikiran negatif tersebut, ada biknya kamu harus berpikir secara rasional, “Apakah hal ini perlu untuk dipikirkan?” atau “Apa yang dapat berubah jika saya terlalu memikirkan hal tersebut?”

Dengan cara kamu berpikir secara rasional, itu akan membantumu untuk menghindari pemikiran yang sebenarnya tidak perlu kamu pikirkan. Pikiran-pikiran negatif terkadang terjadi karena dirimu sendiri membiarkan pikiran tersebut terus bersarang di kepalamu.

3 dari 4 halaman

2. Jangan Menyalahkan Dirimu Sendiri

Untuk cara yang kedua ini, pasti seringkali kamu lakukan jika menghadapi sesuatu dan kamu merasa gagal. Namun tahukah kamu, dengan menyalahkan diri sendiri adalah hal yang tidak sebaiknya kamu lakukan. Menyalahkan diri sendiri akan membuatmu semakin terpuruk dan menjadi stres.

Ada baiknya kamu mengetahui bahwa semua hal tidak selalu berjalan sesuai dengan rencanamu. Kamu bisa saja gagal, kamu bisa saja terjatuh, tapi jangan pernah menyalahkan dirimu.

Sebaliknya, buktikan bahwa kamu bisa melakukan yang terbaik meski harus gagal berkali-kali, singkirkan pikiran negatif dan mulailah dengan sesuatu yang positif.

4 dari 4 halaman

3. Mengucap Syukur

Hal yang harus kamu lakukan pada tahap ketiga ini adalah selalu mengucap syukur, dengan begitu kamu akan merasa bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Percayalah, pikiran negatif yang selalu kamu alami adalah ketakutanmu yang sebenarnya tidaklah nyata. Kamu masih memiliki kekuatan dari sang pencipta untuk menghadapi segala masalah yang sedang kamu alami.

Terkadang, sebagai bentuk rasa sayang pencipta terhadapmu, ia memberikan beberapa tantangan untuk dirimu agar berkembang dan menjadi manusia yang dewasa dan seharusnya kamu bersyukur akan hal itu.

Penulis:

Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.