Inspiratif, Seniman Ini Beri Gambaran Tentang Kehidupan Lewat Karyanya

Oleh Liputan6dotcom pada 02 Des 2019, 10:01 WIB
Diperbarui 03 Des 2019, 09:13 WIB
Karya Medya Bulduk

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak cara untuk seorang seniman menyampaikan sebuah pesan yang mungkin, akan sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. Seniman, penulis dan illustrator Medya Bulduk dikenal sebagai seniman yang berpengaruh lewat deretan karyanya yang menakjubkan.

Melalui deretan karyanya, ia sengaja menyampaikan pesan kepada semua orang mengenai kehidupan sehari-hari. Dari mulai ilustrasi mengenai pola pikir hingga tindakan yang akan kita ambil jika kita berada di lingkungan yang salah.

Karya dari Medya Bulduk ini juga sering diunggahnya melalui akun Instagram miliknya yaitu @Medyabulduk. Beberapa karyanya sukses mendapatkan banyak pujian dari warganet seperti,

Amazing, so deep,” tulis akun Instagram @raj_the_dynamos

“Wow your work is simply amazing and sends strong messages, thank you,” tulis akun lainnya.

Untuk mengenal karya Medya Bulduk lainnya, berikut 4 ilustrasi yang akan mengajarkanmu mengenai kehidupan:

2 of 6

1. Kendalikan Dirimu Sendiri

Karya Medya Bulduk
Sumber: Instagram Medyabulduk

Ilustrasi pertama ini menunjukan 2 orang yang berbeda, salah satu di antaranya seperti diatur atau terikat dengan tangan yang berada di atas kepala tersebut.

Hal ini menunjukan kebebasan seseorang. Dirimu adalah milikmu sendiri dan kamu tidak membutuhkan orang lain untuk mengkontrol secara keseluruhan hidupmu.

Lanjutkan hidupmu dengan pilihan dan caramu sendiri, jangan biarkan orang lain mengatur, berkuasa dan diberi kekuatan untuk mengatur hidupmu. Itu hakmu, itu dirimu dan itulah kamu.

3 of 6

2. Tidak Ada Anak-anak yang Buruk

Karya Medya Bulduk
Sumber: Instagram Medyabulduk

Di dunia yang luas ini, mungkin ada beberapa anak-anak yang sulit diatur atau bisa dikatakan memiliki kepribadian yang buruk. Namun, pada karya Medya Bulduk yang satu ini berbeda.

Dalam ilustrasi tersebut sangat jelas bahwa tidak ada anak-anak yang buruk. Yang ada hanya anak-anak yang dibutuhkan bimbingan, motivasi, dan ajaran yang baik.

Yang perlu kamu ketahui bahwa sikap seorang anak tergantung dari bagaimana cara orangtuanya mendidik dan mengajarkan sesuatu kepada anaknya tersebut.

4 of 6

3. Pertengkaran dalam Rumah Tangga Mempengaruhi Mental si Anak

Karya Medya Bulduk
Sumber: Instagram Medyabulduk

Mungkin dalam berumah tangga tidak selalu hal mulus yang terjadi, terkadang beberapa hal membutuhkan diskusi antara suami dan juga istri. Namun, jangan biarkan diskusi antara orangtua menyebabkan keributan dan dilihat secara langsung oleh si anak.

Hal ini bisa menimbulkan masalah serius pada mental sang buah hati kalian. Mereka akan berpikir bahwa berumah tangga adalah hal yang tidak menyenangkan karena keributan yang para orangtua cipatakan.

Sebaiknya, diskusilah dengan suami atau istri dengan cara yang baik dan sebisa mungkin jangan bertengkar di depan si anak. Buktikan kepada buah hati kalian bahwa keluarga adalah rumah yang paling hangat untuk kembali pulang.

5 of 6

4. Mengenakan Wajah yang Berbeda

Karya Medya Bulduk
Sumber: Instagram Medyabulduk

Dalam ilustrasi yang keempat ini menggambarkan bahwa, seseorang lebih sering menampilkan dirinya yang selalu baik-baik saja di depan orang lain. Mungkin, untuk beberapa individu hal ini sungguh bekerja dengan baik sebab tidak semua orang peduli dengan apa yang sedang kamu alami.

Namun, jangan terlalu sering dilakukan. Setiap manusia memiliki kesulitan, kesedihan, dan perasaan lainnya. Karena itu, kamu berhak untuk menunjukan setiap perasaanmu kepada orang lain, tanpa harus memikirkan reaksi mereka dan kepedulian mereka terhadapmu.

 

Penulis: Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

6 of 6

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by