Sukses

Bawang Putih Ampuh untuk Mengeluarkan Duri yang Menancap di Kulit

Kamu bisa mencoba bahan alami seperti bawang putih yang bisa digunakan untuk mengeluarkan duri.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak individu tidak menyadari saat tertusuk duri atau potongan kulit kayu yang tertinggal di dalam kulit. Kondisi itu tentu membuatmu tidak nyaman, bahkan jika dibiarkan akan menyebabkan infeksi.

Karena duri berstekstur halus, bahkan tidak jelas terlihat, tentu tidak mudah bagi kamu untuk mengeluarkannya, bukan? Jika kamu mengalami kondisi itu, kamu bisa mencoba bahan alami seperti bawang putih yang bisa digunakan untuk mengeluarkan duri.

Yang pertama harus kamu lakukan adalah membersihkan kaki, kulit, atau bagian yang tertusuk duri. Kemudian, ambil bawang putih yang telah ditumbuk. Ada dua cara untuk menggunakan bawang putih untuk hal tersebut.

Kamu bisa membalurkan bawang putih yang sudah dihaluskan pada permukaan yang kemasukan duri, lalu balut dengan plester atau perban. Diamkan semalam atau beberapa malam sampai duri nantin akan keluar dengan sendirinya. Tentunya, jika lebih dari semalam kamu harus menggantinya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Lainnya

Cara yang kedua yakni merendam kaki atau bagian yang kemasukan duri dengan air hangat. Kemudian dikeringkan dan digosok dengan bawang putih yang sudah dimemarkan.

Setelah itu, coba gunakan alat bantu seperti jarum untuk mengeluarkan duri tersebut. Berhati-hatilah saat melakukannya. Bukan tidak mungkin, duri malah masuk semakin dalam.

Bila belum bisa dipercobaan pertama, lakukan lagi keesokan harinya. Tapi bila tak juga keluar dan malah makin parah, ada baiknya mendatangi dokter. Selamat mencoba!

Penulis:

Ayu Puji Lestari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.