7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Tanpa Disadari Dapat Menghancurkan Gigimu

Oleh Sulung Lahitani pada 21 Nov 2019, 17:03 WIB
Diperbarui 21 Nov 2019, 17:17 WIB
Gigi

Liputan6.com, Jakarta - Enamel gigi adalah zat terkuat di dunia. Namun meski kuat, gigi kita masih bisa aus. Jadi karena Anda tak bisa menumbuhkan gigi lagi, Anda mungkin ingin berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk membuka sesuatu dengan gigi Anda.

Berikut ini hal-hal yang biasa Anda lakukan namun berpotensi merusak gigi. Melansir dari Brightside, ini dia.

1. Makan dan minum produk berwarna gelap

Minuman seperti kopi, anggur merah, dan teh hitam mengandung bahan yang disebut tanin. Mereka membuat senyawa warna menempel pada gigi Anda dan oleh karena itu, dapat menyebabkan gigi berwarna kekuningan. Makanan-makanan seperti buah beri, tomat, es loli, dan permen juga bisa menyebabkan pewarnaan.

 

2 dari 5 halaman

2. Cara menyikat gigi yang salah atau terlalu cepat

[Bintang] Ilustrasi Sikat Gigi
Jangan disepelekan, sederet masalah gigi ini nggak boleh kamu abaikan. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Kebanyakan orang tidak menyikat gigi dengan benar atau terlalu cepat. Juga sebaiknya Anda tidak menyikat gigi terlalu keras karena dapat merusak gigi dan gusi.

Selain itu, jangan biasakan menyikat gigi segera segera setelah makan. Makanan yang mengandung asam dapat melemahkan enamel gigi, jadi menyikat gigi bisa merusaknya dan membuat asamnya masuk lebih dalam ke gigi.

Juga jangan gunakan satu sikat gigi terlalu lama. Ganti sikat gigi setiap 3-4 bulan.

3. Menggunakan gigi untuk merobek atau membuka sesuatu

Menggunakan gigi Anda sebagai alat untuk membuka tutup botol atau memotong sesuatu mungkin enak. Tapi itu jelas tidak baik untuk gigi karena mungkin akan patah atau menyebabkannya retak.

 

3 dari 5 halaman

4. Memiliki kebiasaan buruk

Hati-Hati, Kebiasaan Menggigit Kuku Bisa Bikin Sakit Perut (Blackday/Shutterstock)
Hati-Hati, Kebiasaan Menggigit Kuku Bisa Bikin Sakit Perut (Blackday/Shutterstock)

Menggigit kuku bisa merusak gusi dan menyebabkan gigi Anda terkelupas dan bergeser. Menggeretakkan gigi juga dapat menyebabkan patah tulang, masalah pada rahang, atau bahkan mengubah bentuk wajah.

5. Menggunakan benang gigi dengan cara yang salah

Menggunakan benang gigi dapat membantu menghilangkan potongan makanan dan plak, mencegah penyakit gusi. Namun beberapa orang kadang salah dalam menggunakannya.

Seperti menggunakan benang yang salah, mendorong plak di bawah gusi mereka. Kesalahan lain adalah flossing dengan gerakan menggergaji yang dapat merusak gusi.

 

4 dari 5 halaman

6. Makan camilan

5 Cara Mudah Hentikan Keinginan Ngemil Tidak Sehat
Keinginan untuk mencemil suatu makanan kadang tak terhindarkan. Namun, pastikan cemilan yang Anda pilih memiliki manfaat bagi tubuh.

Jika Anda sering makan makanan ringan, asam dalam makanan memiliki lebih banyak waktu untuk bersentuhan dengan gigi dan merusaknya, menyebabkan gigi berlubang.

7. Memutihkan gigi secara tak benar atau terlalu sering

Cara teraman untuk memutihkan gigi adalah pergi ke dokter gigi yang berkualitas. Konsultasikan dengan dokter gigi terlebih dahulu, terutama jika Anda memiliki masalah gigi, seperti kerusakan gigi atau penyakit gusi.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓