Sukses

Tinggal di 3 Kota Ini Dihadiahi Uang dan Rumah Gratis, Berminat?

Bagaimana, apa kamu berminat menetap di negara-negara ini?

Liputan6.com, Jakarta - Tinggal di desa pada era digital seperti saat ini nampaknya bukan hal yang begitu menarik bagi banyak orang. Tak hanya di Indonesia, di negara-negara lain pun orang lebih memilih untuk "merantau" ke kota-kota besar guna mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik.

Hal ini rupanya membuat segelintir desa di beberapa negara seperti Italia dan Swiss semakin kekurangan penduduknya. Ya, biasanya desa-desa dan kota terpencil di sana mulai sepi lantaran ditinggal penduduknya.

Oleh karena itu, banyak pemerintah kota dan desa tersebut yang melakukan berbagai cara untuk menarik pendatang baru untuk menetap. Mereka bahkan tak ragu untuk memberikan uang atau rumah secara gratis untuk memikat pendatang baru. 

Berikut beberapa negara yang menawarkan hadiah menarik bagi individu yang mau tinggal di sana.

Rumah Gratis di Kota Sisilia, Italia

Salah satu kota di Sisilia, Italia, bernama Cammarata menawarkan rumah gratis bagi penduduk baru yang bersedia menetap di sana.

Wali Kota Cammarata, Vincenzo Giambrone berusaha meyakinkan pemilik rumah yang telah meninggalkan kota tersebut untuk menyerahkan bangunan kosong kepada pendatang baru yang nantinya akan diberikan secara gratis.

"Saya tidak tahan melihat pusat bersejarah tua yang indah ini kosong dan berubah menjadi reruntuhan. Ini membuat saya terluka. Para pemilik tidak menyadari kerusakan yang mereka timbulkan ketika mereka meninggalkan rumah mereka dan menolak untuk menata ulang tempat tinggal kuno mereka. Itu meninggalkan bekas luka yang dalam di lanskap kota dengan risiko runtuh yang berbahaya," kata Giambrone.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Uang Ratusan Juta di Desa Albinen, Swiss

Sejak beberapa tahun terakhir, desa Albinen di Swiss telah mengalami imigrasi besar-besaran. Namun, dewan desa di sana berusaha menarik perhatian penduduk baru dengan memberikan uang ratusan juta secara cuma-cuma.

Desa berpenduduk 240 orang ini siap memberikan uang sebesar 70.000 franc Swiss atau sekitar Rp 958 juta untuk orang baru yang mau menetap di sana. Nominal tersebut tentunya sangat menarik ya.

3 dari 3 halaman

Uang Puluhan Juta di Desa Kuno Italia

Wali Kota Candela, Italia, Nicoma Gatta, menawarkan uang sekitar Rp 43 juta bagi siapa saja yang bersedia pindah ke desa kecil di Candela, yang terletak di Pantai Timur wilayah Puglia ini.

Sebelumnya kota ini ditinggalkan banyak penduduknya karena jalanannya yang padat. Dalam beberapa tahun terakhir, penduduknya pun mulai turun drastis yang awalnya berjumlah 8.000 orang menjadi hanya 2.700 orang.

Dilansir dari Asia One, Jumat (8/11/2019), sebagian besar kaum milenial dari kota tersebut lebih memilih mencari pekerjaan dan tinggal di tempat lain. Oleh karena itu, kota tersebut akan memberikan uang sebesar Rp 12,7 juta untuk lajang, Rp19 juta untuk pasangan dan Rp 31,9 juta untuk keluarga dengan harapan bisa meningkatkan populasi di sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.