Laskar Indonesia Pusaka Bakal Menampilkan Pertunjukan Wayang Orang ‘Sang Sukrasana’

Oleh Liputan6dotcom pada 01 Nov 2019, 10:01 WIB
Diperbarui 01 Nov 2019, 10:17 WIB
Sang Sukrasana2

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Wayang Nasional yang jatuh pada tanggal 7 November 2019, Laskar Indonesia Pusaka mempersembahkan sebuah karya yang diangkat dari tokoh wayang asli Indonesia, yaitu ‘Sang Sukrasana’.

Pagelaran yang akan berlangsung pada 17 November 2019 ini turut melibatkan, Lukman Sardi, Maudy Koesnaedi, Asmara Abigail, Ruth Marini, Inayah Wahid, Tina Toon, Dewi Sulastri, Kenthus Ampiranto, Ali Marsudi serta Prajurit TNI dan juga POLRI.

Jaya Suprana selaku penggagas ide dari wayang orang ‘Sang Sukrasana’ mengungkapkan bahwa, alasanya mengangkat tokoh Sukrasana tersebut karena, ia sangat menyukai kisah Sukrasana yang dianggap mirip dengan keadaan negeri ini.

“Kenapa saya suka sekali dengan Sukrasana ini, karena berasal dari rasa sedih saya. Bagaimana rakyat pada saat kampanye pemilu itu dieluh-eluhkan, dipuja-puja, dirayu. Wah pokonya seolah-olah menimbulkan kesan bahwa, negara dan bangsa ini akan dipersembahkan kepada rakyat. tapi kalau sudah pemilunya selesai ternyata rakyatnya dilupakan dan bukan hanya dilupakan, kadang-kadang di dupa (tendang) juga,” tutur Jaya Suprana dalam konferensi pers di Galeri Indonesia Kaya (31/10/19).

Jaya Suprana juga mengatakan bahwa ia sangat bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia, ia bahkan sempat meneteskan air matanya saat menyaksikan sedikit cuplikan adegan ‘Sang Sukrasana’.

‘Tadi waktu saya menyaksikan teman-teman menampilkan sedikit adegan, saya tidak pernah bisa menahan air mata saya. Air mata terharu ya, saya bangga menjadi bangsa Indonesia,” ungkapnya.

2 dari 4 halaman

1. Misi Penyelenggaraan Wayang Orang

Sang Sukrasana3
Sumber foto: Iren Natania

Dalam pagelaran wayang orang ini, Laskar Indonesia Muda mengemas ‘Sang Sukrasana’ dengan cukup modern dan menampilkan visual serta multimedia yang ciamik. Untuk misi penyelenggaraan wayang orang ini, Aylawati Sarwono selaku Produser ‘Sang Sukrasana’ ini mengungkapkan bahwa, ia ingin pemuda Indonesia lebih mengetahui wayang orang tersebut dan lebih mencintai pusaka Indonesia.

“Supaya generasi muda itu tahu dulu, kita tuh punya pusaka yang indahnya luar biasa ini yang harus kita jaga jangan sampai punah,” kata Aylawati Sarwono di  Galeri Indonesia Kaya.

3 dari 4 halaman

2. Alasan Lukman Sardi Memerankan Sukrasana

Sang Sukrasana4
Sumber foto: Iren Natania

Aktor kenamaan seperti Lukman Sardi pun ikut andil dalam penayangan wayang orang bertema ‘Sang Sukrasana’ dengan memerankan tokoh utama yaitu Sukarsana.

Dalam konferensi pers, ia mengungkapkan alasannya terlibat dalam pagelaran wayang orang tersebut. Ia mengatakan bahwa tidak memiliki alasan untuk menolak dalam proyek yang sedang dikerjakannya kali ini. Karena menurutnya kebudayaan adalah senjata untuk melawan apapun, dari budaya tersebutlah kita memiliki jati diri sebagai bangsa Indonesia.

“Buat saya gak ada alasan untuk saya menolak, untuk saya bisa tampil di ‘Sang Sukrasana’,” tuturnya pada saat konferensi pers di Galeri Indonesia Kaya.

 

Penulis: Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Sekumpulan Bocah Sulap Saluran Irigasi Jadi Wahana Bermain