Sukses

8 Kebiasaan yang Membuat Wanita Jepang Awet Muda

Penasaran apa saja yang dilakukan wanita Jepang agar awet muda? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Wanita Jepang mengalahkan semua rekor dalam hal penampilan puluhan tahun lebih muda dari umur sebenarnya. Beberapa dari mereka terlihat sangat muda sehingga kamu bahkan tidak bisa menebak mana ibu dan anak.

Jika kamu berpikir itu semua tentang gen dan iklim, kamu mungkin akan terkejut mengetahui bahwa ada hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk merasakan dan terlihat jauh lebih muda.

Penasaran apa saja yang dilakukan wanita Jepang agar awet muda? Berikut ulasannya seperti melansir Bright Side, Kamis (11/10/2019).

1. Cuci Muka dengan Air Beras

Beras kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang melindungi kulit dari penuaan dini, menenangkan dan membuatnya bercahaya.

Wanita Jepang telah menggunakan air beras untuk mencuci muka dan rambut mereka sejak lama. Ternyata ada beberapa metode untuk membuat fermentasi air beras di rumah.

Pertama-tama masukkan setengah cangkir beras ke dalam mangkuk yang bersih, dan bilas air beras dengan air jernih beberapa kali. Lalu tambahkan dua gelas air dan rendam beras selama 15 menit. Setelah itu, saring beras dan simpan air beras dalam stoples selama 1-2 hari pada suhu kamar.

Kamu bisa tahu air beras fermentasimu sudah siap ketika baunya sedikit asam. Sekarang kamu bisa menggunakan larutan beras untuk mencuci wajah dan membilas rambutmu, setelah mengencerkannya dengan 1-2 gelas air. Kamu juga bisa simpan sisa air beras di lemari es.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

2. Mencuci Wajah dengan Jaring Berbusa

Banyak dari kita menerapkan produk dengan tangan ketika mencuci muka. Pada kenyataannya, ketika kita menggosok wajah, kita akan mengencangkan kulit yang membuatnya kurang kencang.

Untuk mengatasi masalah ini, wanita Jepang biasanya menggunakan jaring berbusa atau jaring pembusa untuk menerapkan produk perawatan kulit mereka.

Jaring ini bisa dapat dengan mudah membuat busa padat dari sejumlah kecil produk, dan kemudian kamu bisa membersihkan wajahmu dengan busa ini tanpa menyentuh wajah dengan jari-jarimu.

Yang perlu kamu lakukan yakni dengan mengoleskan sedikit pembersih wajah ke jaring dan menggosoknya di antara telapak tanganmu.

3 dari 8 halaman

3. Masker Wajah Rumput Laut

Rumput laut dikenal dengan khasiat kesehatannya yang menakjubkan dan direkomendasikan sebagai bagian dari diet sehat. Ini banyak digunakan di Jepang.

Tapi selain hanya membumbui makananmu dengan rumput laut, kamu juga bisa menggunakan di wajahmu untuk membuat kulit bersinar dan lebih terhidrasi.

Untuk membuat masker rumput laut DIY, kamu hanya perlu campur 1/4 cangkir bubuk rumput laut dengan air hangat dan minyak zaitun, sampai kamu mendapatkan substansi tebal yang halus.

Selanjutnya kamu oleskan campuran itu ke wajah dan lehermu. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air. Kamu juga bisa memakai potongan rumput laut basah langsung ke wajahmu, seperti gambar di atas.

4 dari 8 halaman

4. Mempertahankan Tingkat Kolagen

Kolagen adalah protein struktural penting dari kulit kita dan kehilangan itu membuat kita terlihat lebih tua.

Di Jepang, kamu bisa membeli segala macam suplemen kolagen yang dijual dalam bentuk pil, jeli, permen dan minuman.

Namun, beberapa ilmuwan percaya bahwa tidak ada gunanya mengkonsumsi suplemen kolagen dengan sengaja, tapi ada cara untuk meningkatkan kadar kolagen kulitmu secara alami. Tambahkan kaldu tulang, ikan, ayam, putih telur, sayuran berdaun hijau dan buah jeruk ke dalam asupan makananmu untuk membantu tubuhmu menghasilkan lebih banyak kolagen.

5 dari 8 halaman

5. Berendam Air Panas

Orang-orang di Jepang suka berendam, baik itu di bak air panas atau di pemandian tradisional (onsen). Mengunjungi onsen dianggap sebagai terapi mandi, mineral yang ditemukan di air panas menembus tubuh dan membantumu menenangkan saraf, menghilangkan kondisi kulit dan membuatmu terlihat dan merasa lebih muda.

Selain itu, mandi dengan air panas akan membantumu mengurangi peradangan, meningkatkan kualitas tidurmu dan bahkan membantumu membakar kalori ekstra.

6 dari 8 halaman

6. Minum Teh Hijau dan Jadikan Masker Wajah

Teh hijau diklaim kaya akan antioksodan. Jadi, coba secara teratur meminum teh hijau. Selain itu, kamu juga bisa membuat masker wajah teh hijau DIY di rumah. Ini dapat menghapus kerutan-kerutan kecil, mengencangkan pori-pormu dan mendektoksifikasi kulitmu.

Pertama-tama yang perlu kamu lakukan ambil 1/2-1 sendok teh matcha green tea powder, lalu tambahkan 1 sdt air dan 1/2 madu.

Selanjutnya campur semua bahan menjadi satu dan oleskan di seluruh wajahmu. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air.

7 dari 8 halaman

7. Pijat Wajah Secara Teratur

Setelah mencuci muka dengan lembut, wanita Jepang biasanya melakukan pijatan wajah sendiri dengan telapak tangan. Teknik pemijatan contouring Jepang menjadi sangat populer di kalangan wanita karena hasil yang luar biasa yang dapat dilihat setelah hanya beberapa sesi.

Namun, kamu bisa melakukan pemijatan wajah ini di rumah. Kamu hanya perlu oleskan minyak atau lotion pijat untuk mempermudahmu melakukan gerakan pijat di wajah. Lalu ikuti gerakan pemijatan wajah seperti gambar di atas.

8 dari 8 halaman

8. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Wanita di Jepang menghindari terkena sinar matahari. Sinar matahari UVA dan UVB yang agresif merusak kulit kita dan mempercepat proses penuaan yang menyebabkan keriput dan flek.

Menurut para ahli, 80% sinar ultraviolet dapat menembus awan. Jadi setiap kali kamu pergi ke luar rumah, pertimbangkan untuk menggunakan produk tabir surya dan perawatan kulit yang mengandung tabir surya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.