Sukses

Penonton Pingsan, Tanda SOS Pertama Kali Digunakan di Konser Ini

Tanda SOS untuk keadaan darurat di konser musik pertama kali digunakan ketika band .Feast tampil.

Liputan6.com, Jakarta - Acara musik merupakan salah satu acara yang menyenangkan bagi beberapa kalangan. Tetapi keseruan konser musik dapat berkurang bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya adalah terjadi pelecehan seksual saat konser berlangsung beberapa waktu lalu. Selain itu, acara musik yang ramai dan sesak dapat membuat beberapa orang kelelahan dan kemungkinan pingsan.

Pada Minggu (20/10/2019), vokalis band .Feast Baskara Putra, Kunto Aji, dan beberapa musisi lain mensosialisasikan tanda ‘SOS’. Tanda tersebut dibuat agar penonton acara musik yang berada dalam keadaan darurat segera mendapatkan bantuan. Tanda tersebut berupa video dengan tulisan “S.O.S” berlatar merah yang berkedip untuk menarik perhatian.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertama Kali Digunakan

Pada Sabtu (26/10/2019), akhirnya tanda SOS itu digunakan untuk pertama kali pada penampilan band .Feast. Hal ini diungkapkan oleh Baskara Putra melalui akun twitter @wordfangs pada Minggu lalu. Ia menceritakan kronologi kejadian melalui perspektifnya di atas panggung.

3 dari 4 halaman

Penonton Pingsan

Saat itu .Feast sedang melakukan penampilan di Semarang, ketika Baskara melihat tanda SOS dinyalakan untuk pertama kalinya. Menurut Baskara, tanda SOS cukup jauh dari panggung namun masih terlihat jelas. Beberapa orang juga ikut membantu menyalakan tanda SOS dan membuat isyarat ‘X’ dengan tangannya.

“Ternyata ada yang pingsan,” tulis akun @wordfangs.

4 dari 4 halaman

Penonton yang Cepat Tanggap

Baskara tetap mencoba untuk melanjutkan lagu, namun sambil memberi tanda kepada penonton untuk membuka jalan. Ia juga mundur sesaat untuk memberitahu kepada kru bahwa ada orang dalam keadaan darurat.

Panitia dan pihak keamanan pun langsung bergerak untuk menolong korban. Baskara terlihat senang karena penonton dapat cepat tanggap dengan cara tidak heboh di sekitar korban dan membuka jalan.

“Tapi yang paling penting, sesama pengunjung acara sangat cepat tanggap. Yang heboh berhenti, ada juga yang buka jalan, banyak yang bantu beri tanda. Luv kalian ❤️ saling jaga terus!” ujar Baskara.

 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.