Berdasarkan Penelitian, Seperti Ini Kepribadian Anak Kedua

Oleh Yulia Lisnawati pada 26 Okt 2019, 18:00 WIB
Diperbarui 26 Okt 2019, 18:00 WIB
keluarga
Perbesar
ilustrasi saudara/copyright Rawpixel

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu punya sifat dan kepribadian yang berbeda-beda. Itu bisa dilihat dari zodiak, hal-hal yang disuka hingga urutan lahir dalam keluarga. 

Anak sulung tentu akan sangat dominan dibandingkan anak tengah dan anak bungsu. Biasanya anak sulung sangat difavoritkan, sedangkan anak bungsu paling dimanja. Namun ternyata, anak tengah punya kelebihan lain yang tak dimiliki kakak dan adiknya.

 

Penelitian yang dilakukan ahli ekonomi MIT, Joseph Doyle, menguji sekian keluarga yang memiliki anak dua atau lebih di Florida dan Denmark untuk mengukur pengaruh kesehatan, peran orangtua, kualitas sekolah, urutan lahir, dan lingkungan tumbuh anak.

Peneliti menemukan bahwa anak yang terlahir jadi anak kedua cenderung menjadi orang yang tidak patuh atau pemberontak, dibanding saudara-saudaranya yang lain. Bahkan penelitian menemukan bahwa anak laki-laki yang jadi anak kedua seringkali hiperaktif hingga terlibat masalah (kriminal) sejak usia 12 tahun. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini


Sosok yang Kuat

Tentu saja penelitian ini tidak bisa menyamaratakan semua karakter anak kedua menjadi sosok yang pemberontak dan tidak tahu aturan, karena bagaimana pun ada banyak faktor yang bisa membentuk karakter seseorang.

Tapi justru karena kecenderungan anak kedua yang menyukai kebebasan inilah yang menjadikannya sosok yang kuat tahan banting, tidak takut ambil risiko, mantap mengambil keputusan dan mandiri saat dewasa.

Namun, selain itu menjadi anak tengah tentu bukan hal mudah. Di saat sikap kakakmu mendominasi dan adikmu ingin menang sendiri, tentu kamu belajar menjadi individu yang ekstra sabar. Kondisi tersebut juga membuatmu mudah beradaptasi dalam berbagai situasi.

Reporter:

Febi Anindyakirana

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya