5 Fakta Menarik Tentang Es Krim, Kamu Wajib Tahu

Oleh Liputan6dotcom pada 20 Okt 2019, 15:01 WIB
Es Krim

Liputan6.com, Jakarta Es krim, siapa yang tidak suka dengan makanan yang satu ini? Es krim sendiri adalah sebuah makanan beku yang terbuat dari produk susu, seperti krim atau sejenisnya yang digabungkan dengan pemanis.

Dessert yang banyak disukai oleh anak kecil hingga orang dewasa ini, ternyata memiliki banyak fakta yang belum diketahui. Apalagi sebelumnya banyak beredar mitos-mitos yang menyebutkan bahwa, tidak baik mengonsumsi es krim saat dalam kondisi sakit dan berbagai mitos lainnya.

Tanpa kita sadari sebenarnya es krim juga mengandung banyak manfaat, salah satunya dapat menjaga kekebalan tubuh manusia. Berikut 5 fakta menarik yang wajib kalian ketahui tentang es krim:

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 7

1. Tidak Menyebabkan Gemuk

Perut Gemuk dan Perut Buncit
Ilustrasi Foto Perut Gemuk (iStockphoto)

Karena es krim mengandung lemak terutama lemak jenuh, hal itu menyebabkan banyak orang yang menghindari untuk mengkonsumsi makanan ini. Apalagi jika sedang menjalani program diet, biasanya makanan manis seperti es krim akan selalu dihindari.

Tapi, tahukah kalian bahwa es krim tidak menyebabkan gemuk loh? Hal itu dikarenakan setiap takaran sajinya, es krim hanya memiliki 15% dari kebutuhan lemak perharinya. Jadi, kalian tak perlu merasa takut lagi untuk mengkonsumsi makanan manis yang satu ini. Tapi perlu diingat, mengkonsumsi es krim setiap hari juga tidak baik untuk kesehatan.

3 of 7

2. Menurunkan Level Stres

Ilustrasi Stress
Foto: iStock

Bagi kalian yang mengalami stres karena pekerjaan di kantor ataupun karena banyaknya tugas kuliah atau tugas sekolah yang menumpuk, kalian bisa mencoba untuk mengkonsumsi es krim loh.

Dikutip dari healthbenefitstimes.com, es krim memiliki zat endorphin serta dapat mendorong produksi thrombotonin, yang menurunkan tingkat stres serta meningkatkan mood.

4 of 7

3. Bukan Penyebab Batuk dan Pilek

batuk
ilustrasi anak batuk/copyright Shutterstock

Ada sebuah mitos yang beredar dan banyak orangtua percaya bahwa mengonsumsi es krim akan menyebabkan batuk dan pilek. Tapi ternyata mitos yang beredar seperti ini keliru loh.

Menurut James Steckelberg, konsultan di divisi penyakit menular dan profesor kedokteran di Mayo Medical School Rochester, Minnesota, es krim dapat menenangkan sakit pada tenggorokan dan memberikan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh saat tidak nafsu makan.

Jadi para orangtua tidak perlu khawatir lagi, untuk memberikan makanan manis yang satu ini pada sang buah hati tapi tetap pada porsi yang sesuai ya.

5 of 7

4. Menyebabkan Gigi Berlubang

[Bintang] Ilustrasi Gigi
Apakah perlu langsung ke dokter bila gigi kamu berlubang? (Sumber Foto: Steven M Huffstutler DDS)

Meski mengonsumsi es krim memiliki banyak manfaat, tapi jangan diabaikan juga bahwa setelah mengkonsumsi es krim akan ada bahaya yang menghampiri jika kalian malas untuk menggosok gigi.

Salah satunya adalah gigi berlubang, gigi yang berlubang disebabkan oleh fermentasi sisa karbohidrat dan gula yang menempel pada gigi. Hal ini tentu akan merusak gigi dan menyebabkan gigi berlubang, jadi pastikan bahwa setelah mengkonsumsi es krim kalian harus menggososk gigi untuk menghindari gigi berlubang.

6 of 7

5. Rasa Vanila Menjadi Kegemaran

kepribadian
ilustrasi es krim/Photo by Daria Shevtsova from Pexels

Seperti yang sudah diketahui bahwa es krim memiliki banyak rasa, seperti rasa vanila, coklat, stroberi dan berbagai rasa lainnya. Tapi, tahukah kalian bahwa yang menjadi kegemaran banyak orang di seluruh dunia adalah vanila?

Rasa Vanila ini menjadi rasa es krim yang paling digemari oleh kebanyakan orang. Hal itu terbukti dengan rasa vanila menduduki 20-29 persen dibanding rasa es krim lainnya.

 

Penulis: Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

7 of 7

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓