Berkat Ciptakan Aplikasi Selfie, Pria Ini Jadi Orang Terkaya di Tiongkok

Oleh Liputan6dotcom pada 17 Okt 2019, 13:00 WIB
Cai Wensheng

Liputan6.com, Jakarta - Swafoto atau yang biasa kita kenal dengan selfie, hingga kini masih digemari hampir seluruh masyarakat di berbagai negara. Beberapa ada yang puas dengan hasil swafotonya, beberapa lagi merasa tidak puas karena foto yang dihasilkan tidak cukup baik.

Karena ketidakpuasan itu lah, banyak masyarakat membutuhkan aplikasi untuk mengedit foto agar hasilnya lebih ciamik. Salah satunya aplikasi yang digunakan yakni Meitu Xiuxiu. Aplikasi ini menyediakan fitur editing yang siap mempercantik fotomu.

Aplikasi yang didirikan Cai Wensheng ini berhasil diunduh sebanyak 50 juta lebih pengguna di Play Store. Wensheng bahkan kini berhasil memiliki kekayaan mencapai US$890 juta atau setara dengan Rp 12,46 triliun. Berkat kesuksesannya tersebut, ia bahkan meraih predikat orang terkaya di Tiongkok.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 6

Memilih Berjualan

Meski memiliki kekayaan hingga triliunan, namun siapa kesuksesan yang didapatnya tidak mudah. Wensheng tidak mengenyam pendidikan yang cukup tinggi, bahkan ia tidak lulus Sekolah Menengah Atas (SMA).

Ketika berumur 16 tahun, ia lebih memilih berjualan alat kecantikan seperti lipstik dan kotak kosmetik. Itu yang membuatnya di keluarkan dari sekolah.

Namun, tidak disangka bisnis yang ia jalani akhirnya berkembang hingga ia memiliki mobil khusus untuk menjual barang mahal.

3 of 6

Cara Instan Malah Membuatnya Gagal

Pada tahun 1999, Wensheng mencoba peruntungan di bisnis teknologi. Ia juga membeli saham perusahaan internet Hongkong PCCW Ltd. Namun, setelah membeli perusahaan tersebut, ia kembali menjualnya dan mendapatkan keuntungan hingga 400%.

Karena keuntungan yang ia dapat cukup besar, ia pun ketagihan dan memilih cara instan untuk sukses di bisnis internet. Setelah itu ia melakukan registrasi dan menjual nama domain, namun cara instan yang ia gunakan justru menimbulkan kerugian karena tidak ada yang tertarik.

4 of 6

Tidak Patah Semangat

Setelah mengalami kerugian, Wensheng tidak begitu saja menyerah. Ia kembali memulai bisnisnya dan mendirikan 265.com pada 2003.

265.com adalah situs website yang paling populer di Tiongkok. Alasan ia mendirikan situs tersebut karena ia tidak pandai berbahasa Inggris. Ia juga mengalami kesulitan untuk mengetik nama situs Tiongkok berbahasa Inggris.

Berkat kegigihan, kerja keras dan ide inovatifnya, banyak pemilik situs yang merasa senang karena trafic pada website yang meningkat. Hingga 2007, ia menjual situs 265.com pada Google dengan harga yang tidak diketahui.

5 of 6

Aplikasi Meitu Xiuxiu

Setelah melewati banyak proses menuju kesuksesan, Wensheng kembali mendirikan aplikasi foto selfi yaitu Meitu Xiuxiu. Aplikasi yang ia dirikan ini juga populer dikalangan masyarakat, bukan hanya di Tiongkok tapi juga di berbagai negara.

Aplikasi ini sudah berhasil diunduh hingga 50 juta lebih pengguna di Play Store. Pada rating dan ulasan, banyak yang mengaku puas dengan aplikasi tersebut.

“I love meitu, yang suka edit foto-foto selfie gak download aplikasi ini bakal nyesel. Sekarang fitur edit makin canggih, bisa edit video juga, kata akun Risa Syafa.

Penulis:

Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

6 of 6

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓