Sukses

Bermanfaat Buat Kesehatan Mental, Ini 5 Cara Agar Kamu Lebih Dekat dengan Alam

Berikut adalah 5 cara agar lebih dekat dengan alam.

Liputan6.com, Jakarta Suasana perkotaan yang ramai dan bising dapat membuat kepala menjadi penat dan jenuh. Otak butuh beristirahat dan menenangkan pikiran dari rutinitas yang membosankan. Salah satu caranya adalah liburan ke tempat yang lebih tenang dan jauh dari perkotaan selama beberapa hari.

Tempat yang alami dapat menjadi penenang bagi pikiran yang penat. Namun, bagi beberapa orang hari libur tidaklah cukup untuk menenangkan pikiran. Maka terdapat 5 cara membuat Anda merasa lebih dekat dengan alam seperti dilansir dari The Guardian.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sesuaikan Rutinitas Anda

Menurut penelitian yang dikepalai oleh Dr Mathew White dari University of Exeter Medical School, menghabiskan waktu dua jam dalam seminggu di alam dapat memberikan kesehatan dan kesejahteraan. Berada di alam memberi rasa ketenangan yang dapat dilakukan dengan minum kopi di taman atau didekat jendela yang terbuka, serta cara-cara sederhana lainnya.

Selain itu, Anda dapat pergi ke luar saat istirahat makan siang, atau menyisakan waktu beberapa menit untuk melihat langit malam sebelum tidur.

3 dari 6 halaman

2. Perhatikan Sekitar Anda

“Berhentilah menonton lebah yang berdengung di sekitar bunga. Ada kehidupan di mana-mana, tetapi sangat mudah untuk melewatkannya; pelan-pelan, berhenti dan perhatikan," ujar Leanne Manchester dari Wildlife Trusts.

Ia mengajak orang-orang untuk melihat hal-hal yang hidup dengan lebih dekat, seperti tumbuhan, pohon, bahkan rerumputan. Direktur dari Forest School Association, Jo Phillips, menyarankan untuk mencari ‘lima hal indah’ yang dapat berupa bunga, awan, lumut, atau bahkan cahaya yang melibatkan indera Anda.

4 dari 6 halaman

3. Terpapar Dengan Alam

Leanne Manchester mengatakan, Anda dapat berjalan-jalan ketika istirahat kerja untuk meningkatkan hubungan dengan alam. Ketika berjalan dengan orang lain, Jo Phillips mengatakan Anda bisa membicarakan elemen-elemen yang menarik perhatian Anda.

“Menjaga planet ini perlu menjadi prioritas, jadi kita harus melakukan segala yang kita bisa untuk memastikan orang tua di masa depan memiliki pengalaman yang tak terlupakan dengan alam. Sehingga mereka dapat meneruskan pengetahuan itu kepada anak-anak mereka,” ujar Phillips.

5 dari 6 halaman

4. Mencari Ruang Terbuka Hijau

Setiap kota pasti memiliki ruang terbuka hijau yang mungkin terkadang tidak diketahui. Anda bisa mencari tempat-tempat tersebut dari internet dan menggunakan peta daring untuk pergi ke sana. Dengan cara itu, mungkin Anda dapat menemukan tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu di alam dengan tempat yang relatif dekat.

6 dari 6 halaman

5. Membawa Alam ke Jendela

"Bagi mereka yang tidak bisa keluar, kotak-kotak burung yang dekat dengan jendela dapat memberikan minat sepanjang tahun, seperti halnya menanam dan memelihara tanaman di pinggir jendela," ujar Claire Francis dari Badan Amal Sensory Trust. ‘Membawa alam’ ke jendela Anda akan memberikan pemandangan baru yang lebih hidup dan membawa energi positif ke dalam diri Anda.

 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.