Gaet Wisatawan, Samsung dan Pemda Jakarta Utara Percantik Kamal Muara

Oleh Liputan6dotcom pada 12 Okt 2019, 20:45 WIB
Samsung dan Walikota Jakarta Utara

Liputan6.com, Jakarta - Mengusung tema " Samsung Employee Volunteer Program," Samsung Electronics Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Jakarta Utara, untuk melakukan pemberdayaan kreativitas warga Kamal Muara. Dalam aksi tahunan yang rutin diselenggarakan setiap tahun, pihak Samsung kali ini memberikan sejumlah pelatihan bagi warga Kamal Muara untuk melatih kreativitas warga, melakukan kembali pengecatan di sekitar  Kampung Pelangi, memberikan pelatihan digital dan pemanfaatan sosial media, serta beberapa pelatihan lainnya.

Untuk pelatihan digital sendiri, Samsung memberikan pelatihan bagi warga Kamal Muara agar mereka dapat mengembangkan dan menjual kerajinan tangan mereka melalui sosial media. Tak hanya itu, juga dilakukan pembinaan bagi Karang Taruna yang sudah menerima pelatihan agar warga dapat membuat konten yang memperlihatkan keindahan dari Kampung Pelangi tersebut.

Pihak Samsung dan warga sekitar juga melakukan pengecatan kembali di ruang publik, tepatnya di sekitaran Kamal Muara hingga ke Kampung Pelangi. Samsung Electronics Indonesia dan Pemerintah Daerah Jakarta Utara, berharap agar Muara Kamal terutama Kampung Pelangi ini dapat menarik turis yang melewati pemukiman warga, untuk menuju Kepulauan Seribu.

Pengecatan ini juga bukan hanya dilakukan oleh warga sekitar, tetapi Samsung ikut melibatkan para karyawannya dan komunitas Samsung Member.

Pada tahun 2016 lalu Kamal Muara ini terpilih menjadi salah satu bagian dari Kota Tua di Jakarta, karena Kampung Pelanginya yang dinilai memiliki karya seni tersendiri. Seperti yang sudah diketahui, Kampung Pelangi memiliki daya tarik dengan keindahan warna-warni yang menghiasi pemukiman tersebut.

2 of 4

1. Mengadakan Lomba dengan Banyak Manfaat

samsung di kamal muara
by: Natania Longdong

Setelah melakukan pelatihan digital, Samsung juga mengadakan lomba foto serta video bagi anak-anak muda yang sudah mendapatkan pelatihan. Dengan adanya lomba tersebut, Samsung berharap agar para anak muda yang berada di Kamal Muara dapat lebih kreatif lagi dan mampu memperkenalkan kampung mereka dengan konten yang mereka buat.

"Dengan adanya pelatihan digital dan lomba yang kami adakan ini, kami berharap agar para anak muda yang berada di sini dapat melatih kreatifitas mereka dan memperkenalkan kampung mereka sendiri dengan konten yang mereka buat," tutur Ennita Pramono, selaku Head Of Corporate Citizenship PT Samsung Electronics Indonesia pada Sabtu (12/10/2019).

3 of 4

2. Apresiasi dari Pemerintah Daerah

Walikota Jakarta Utara
by: Natania Longdong

Dengan adanya pelatihan yang diadakan oleh Samsung Electronics Indonesia pada warga Kamal Muara, Pemerintah Daerah yaitu Walikota Jakarta Utara mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak Samsung. Pemerintah juga berharap dengan adanya pelatihan yang dilakukan oleh Samsung dapat membuat perekonomian warga terutama warga Kamal Muara dapat menjadi lebih baik. 

"Semuanya memiliki nilai positif, terutama dapat menggerakan perekonomian warga. Apalagi sekarang sudah jamannya era digital," ujar Sigit Wijatmoko, Walikota Jakarta Utara pada pidato sambutannya, Sabtu (12/10/2019) di Rptra Kamal BAHARI, Jakarta.

 

Penulis: Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓