Ditolak oleh Kawanan, Bayi Gajah Yatim Piatu Merajuk ke Petugas

Oleh Sulung Lahitani pada 03 Okt 2019, 18:02 WIB
Ditolak oleh Kawanan, Bayi Gajah Yatim Piatu Mengadu pada Petugas

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video bayi gajah yatim piatu membuat hati warganet terenyuh. Dalam video tersebut, si bayi gajah tampak ditolak oleh kawanannya sendiri sehingga memilih untuk kembali ke manusia yang mengurusnya.

Menurut Viral Press, gajah yang kemudian diberi nama Chabakeaw itu ditemukan dan diselamatkan oleh petugas satwa liar pada 4 April lalu. Ia sendirian dan terkejebak dalam lumpur di Bueng Kan, Thailand.

 

 

2 of 5

Mengadu pada petugas

Ilustrasi Gajah (iStock)
Ilustrasi Gajah (iStock)

Petugas penyelamat satwa kemudian merawat dan mengasuh Chabakeaw selama lima bulan sebelum kemudian diputuskan untuk dilepaskan kembali ke kawanannya. Gajah muda itu dilepaskan pada 18 September lalu.

 

Namun, dua minggu kemudian petugas menemukan bayi gajah itu sendirian dan ditinggalkan kawanan. Pada Jumat lalu, petugas satwa liar menangkap momen ketika bayi gajah itu perlahan-lahan mendekati petugas dan tidur di pangkuan si petugas.

 

3 of 5

Sulit beradaptasi dengan kawanan

Gajah
Ilustrasi Foto Gajah (iStockphoto)

Menurut spesialis gajah dari Komisi Kelangsungan Hidup Spesies IUCN Pichet Noonto, gajah muda itu mengalami kesulitan hidup bersama kawanan karena ditinggalkan saat bayi dan dibesarkan oleh manusia. Pada akhirnya, Chabakeaw mengalami kesulitan beradaptasi dengan perilaku gajah di alam liar dan diusir.

"Kami yakin bahwa dia tidak diterima oleh pemimpin kawanan yang merupakan konsekuensi dari dia dibesarkan oleh manusia selama lebih dari lima bulan," katanya.

 

 

4 of 5

Kembali dirawat oleh petugas

Ilustrasi gajah
Ilustrasi gajah (AFP)

Petugas pun memilih untuk menjaga gajah muda itu yang sayangnya, tak dapat diperkenalkan kembali ke habitat aslinya untuk saat ini.

"Kami akan merawatnya sementara kami merencanakan masa depannya. Tapi mengirimnya kembali ke kawanan mungkin tidak lagi menjadi pilihan," pungkas Pichet.

5 of 5

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓