Sukses

Dukung Pembebasan Ananda Badudu, Warganet Serukan #SayaJugaTransfer

Berbagai dukungan pun datang untuk Ananda Badudu setelah ditangkap karena diduga terkait dana demonstrasi.

Liputan6.com, Jakarta - Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial tengah diramaikan dengan perbincangan mengenai Ananda Badudu, mantan anggota dua Banda Neira yang ditangkap karena diduga terkait dana demonstrasi.

Melalui akun Twitter-nya, Ananda Badudu sempat menginformasikan penangkapan dirinya.

“Saya dijemput polda karena mentransfer sejumlah dana pada mahasiswa,” tulis Ananda Badudu melalui akun Twitter @anandabadudu pada Jumat (27/9/2019). 

Selain itu, ia juga mengunggah beberapa Story Instagram melalui akunnya @anandabadudu yang menunjukkan peristiwa penangkapan dirinya saat dijemput polisi di daerah Tebet, Jakarta Selatan.

Berdasarkan informasi, penangkapan Ananda Badudu terkait dengan penyaluran dana untuk demo mahasiswa yang ia gunakan, salah satunya untuk biaya medis korban demo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tagar untuk Ananda Badudu

Ananda Badudu menggalang dana untuk mendukung aksi mahasiswa yang ia suarakan lewat media sosialnya. Berbagai dukungan pun datang untuk Ananda Badudu setelah ia ditangkap.

Tagar #BebaskanAnandaBadudu menjadi trending topic Twitter kawasan Indonesia, beserta tagar #SayaJugaTransfer.

3 dari 5 halaman

Petisi dari Rara Sekar

Rara Sekar, mantan duet Ananda Badudu dari duo Banda Neira, mendukung rekannya dengan membuat petisi untuk membebaskan Ananda Badudu. Petisi dibuat melalui situs change.org dan telah ditandatangani lebih dari 20 ribu orang.

“Ananda tidak sendiri, apabila Ananda sendiri, mungkin tidak akan terkumpul sekitar 175 juta dari 2.129 donatur hanya beberapa hari setelah laman donasi diluncurkan,” tulis Rara Sekar dalam petisi tersebut.

4 dari 5 halaman

Dukungan dari Angga Dwimas Sasongko

Ananda juga mendapatkan dukungan dari Angga Dwimas Sasongko, sutradara film Wiro Sableng dan Love for Sale. Melalui akun Instagram-nya, @anggasasongko mengunggah gambar Ananda Badudu dengan tulisan “BEBASKAN ANANDA BADUDU.”

“Hari ini Dandhy dan Ananda. Besok bisa jadi kita. #AnandaBaduduAdalahKita,” tulis Angga.

5 dari 5 halaman

Dukungan Warganet

Warganet juga menunjukkan dukungan mereka dengan tagar #BebaskanAnandaBadudu dan #SayaJugaTransfer.

“Yang patah tumbuh, yang hilang demokrasi #BebaskanAnandaBadudu,” kata akun @gerysanjay.

“Banyak warga berdonasi untuk acara kemarin, pemerintah harus membangun lebih banyak penjara sepertinya. #SayaJugaTransfer,” sahut akun @orioncnstlltn.

“#SayaJugaTransfer untuk melawan #ReformasiDikorupsi. Apakah uang yang terkumpul juga akan kalian korupsi pak?!” komentar akun @13trigonometri.

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.