Dukungan Orangtua hingga Ada Anak STM, 4 Fakta Menarik Demo Mahasiswa di Depan Gedung DPR

Oleh Liputan6dotcom pada 25 Sep 2019, 13:01 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 13:01 WIB
Demo Mahasiswa di DPR Lumpuhkan Tol Dalam Kota
Perbesar
Mahasiswa memblokade Tol Dalam Kota saat berdemonstrasi menolak RUU KUHP dan revisi UU KPK di depan Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Sekitar pukul 15.00 WIB, mahasiswa yang berada di ruas Jalan Gatot Subroto memanjat tembok pembatas kemudian memadati Tol Dalam Kota. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Aksi yang dilakukan oleh para mahasiswa dan beberapa pihak lainnya, seperti serikat petani Indonesia dan para buruh di depan gedung DPR/MPR sukses menjadi buah bibir.

Aksi yang dilakukan mahasiswa dilakukan untuk menuntut 4 tuntutan, seperti RUU KUHP, UU KPK, Undang-undang pertanahan, dan yang terakhir Undang-undang ketenagakerjaan.

Maraknya pemberitaan oleh media mengenai demo mahasiswa, juga menjadi sorotan kaum milenial. Berikut beberapa fakta yang terjadi yang perlu kamu ketahui:

2 dari 6 halaman

1. Bukan Hanya Awkarin, Masyarakat Ikut Bagikan Logistik

7 Momen Awkarin Bagikan 3000 Nasi Kotak untuk Peserta Demo di DPR
Perbesar
Momen Awkarin bagikan nasi kotak untuk peserta aksi di DPR (Sumber: Instagram/awkarin)

Awkarin yang membagi-bagikan nasi kotak ini sempat menjadi perbincangan para warganet. Namun, menurut salah satu akun Twitter @Kanat20 mengatakan bahwa bukan hanya Awkarin yang membagi-bagikan makanan dan minuman kepada para mahasiswa. 

3 dari 6 halaman

2. Almamater Bukan Penghalang untuk Menolong

Akun Twitter @Kanat20 juga membagikan video yang ia ambil secara langsung saat salah satu mahasiswa dengan menggunakan almamater hijau tidak sadarkan diri dan dibantu oleh mahasiswa lainnya yang berbeda warna almamaternya. Hal ini menunjukan bahwa apapun universitasnya, warna apapun almamaternya itu bukan penghalang untuk saling tolong menolong satu sama lain.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Dukungan dari Orangtua

Aksi demo selasa kemarin juga menunjukan bagaimana para mahasiswi ikut ambil bagian dalam demo tersebut. Salah satu akun Twitter @Kanat20 juga mengatakan bahwa mereka tidak merasa lelah saat mendapatkan semangat serta restu dari kedua orangtuanya.

 

5 dari 6 halaman

4. Anak STM Turun Ke Jalan

Anak STM turun ke jalan.
Perbesar
Sumber : Twitter

 

Aksi mahasiswa yang turun berdemo ke jalan tersebut ternyata mengetuk hati siswa STM untuk turut berpartisipasi. Bahkan, beberapa STM yang biasa dikenal selalu bentrok bila bertemu, bersatu untuk mendukung aksi demo mahasiswa ke DPR tersebut.

 

Penulis : Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

Lanjutkan Membaca ↓