Sukses

6 Manfaat Menakjubkan Baking Soda untuk Percantik Penampilanmu

Baking soda tidak hanya efektif untuk membuat kue lebih pulen, tapi juga bisa membantu mempercantik tampilan seseorang dari atas hingga ujung kaki.

Liputan6.com, Jakarta - Kamu pasti tidak pernah membayangkan betapa mudahnya mengubah penampilanmu tanpa menghabiskan banyak uang untuk membeli produk kecantikan, bukan?

Produk yang biasa digunakan memasak sehari-hari, seperti baking soda ternyata memiliki manfaat menakjubkan pada tubuh lo.

Baking soda tidak hanya efektif untuk membuat kue lebih pulen, tapi juga bisa membantu mempercantik tampilan seseorang dari atas hingga ujung kaki.

Nah, penasaran apa saja kegunaan baking soda untuk mempercantik penampilan? Berikut ulasannya seperti melansir Bright Side, Senin (20/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Memutihkan Gigi

Baking soda dan campuran arang bisa digunakan sebagai bahan utama dalam membuat pasta gigi sendiri yang akan memberi senyum cerah dan bersih.

Kamu hanya membutuhkan 1 sdm baking soda, 6 sdm minyak kelapa, 4 sdm tanah liat bentonit, 2 sdm arang aktig dan beberapa tetes minyak esensial.

Lalu campurkan semua bahan hingga menjadi pasta. Jika mau, kamu bisa mengganti arang aktif dengan stroberi segar dan jus lemon. Kamu juga bisa mencampur soda kue, minyak peppermint dan air untuk membuat obat kumurmu sendiri.

3 dari 7 halaman

2. Deodoran Buatan Sendiri

Salah satu kegunaan utama baking soda di dapur adalah menghilangkan bau tidak sedap. Ini terjadi karena mampu menetralkan asam dan basa, membuatnya menjadi pilihan yang bagus digunakan untuk membuat deodoran alami.

Yang perlu kamu butuhkan 1/8 sdt baking soda, 1 sdt air dan minyak kelapa. Lalu campurkan dan aduk semua bahan hingga menjadi pasta dan disimpan di lemari es. Kemudian bisa langsung kamu gunakan menjadi deodoran untuk menghilangkan bau tidak sedap dan menjaga area ketiakmu tetap segar.

Jika mau, kamu bisa membuat aroma unik dengan menambah beberapa tetes minyak esensial ke aroma favoritmu.

4 dari 7 halaman

3. Menghilangkan Komedo

Masker wajah bisa kamu buat sendiri menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumahmu. Kamu hanya perlu menyiapkan 2 sdm bubuk gelatin, 1 sdm susu, 1 sdm jus lemon segar, dan 3 sdm baking soda.

Campurkan semua bahan, lalu panaskan adonan selama empat detik di microwave hingga hangat tapi tidak panas.

Uji di tanganmu dan jika suhunya tepat, oleskan di bagian wajah yang terdapat komedo. Lalu biarkan mengering selama sekitar setengah jam dan kemudian lepaskan dengan lembut. Setelah itu, basuh wajahmu dengan air dan keringkan.

5 dari 7 halaman

4. Menghilangkan Kantung Hitam di Bawah Mata

Mata panda atau kantung hitam di bawah mata akan muncul ketika seseorang kurang tidur. Namun kamu tidak perlu khawatir jika memiliki masalah tersebut, kamu bisa menghilangkan mata panda dengan bahan sederhana yang ada di rumah.

Yang perlu kamu lakukan hanya menyiapkan teh chamomile, 1 gelas air dan 1 sdm baking soda.

Buat secangkir teh chamomile biasa dan biarkan hingga dingin. Kemudian tambahkan baking soda dan blender. Oleskan campuran itu di bawah matamu, diamkan selama 10 hingga 15 menit dan bersihkan area tersebut dengan air segar dan keringkan.

6 dari 7 halaman

5. Mencerahkan Kulit

Jika ingin memiliki kulit wajah yang cerah, kamu bisa membuat masker wajah menggunakan bahan-bahan alami. Kamu hanya membutuhkan 2 sdm jus jeruk Bali, 1 sdt baking soda dan beberapa tetes minyak zaitun atau minyak esensial favoritmu.

Campur semua bahan dan aduk rata dalam mangkuk. Lalu oleskan secara merata di seluruh wajahmu, biarkan selama 10 menit, bilas dan oleskan krim pelembab.

Kamu bisa mengganti minyak zaitun dengan minyak lavender atau serai untuk membuat masker dengan aroma terapi.

7 dari 7 halaman

6. Mencerahkan Lutut dan Siku yang Gelap

Jika kamu tidak tahan dengan lutut dan siku yang gelap, solusinya sangat sederhana. Kamu hanya perlu 1/2 lemon, 2-4 sdm baking soda dan 3 sdm hidrogen peroksida.

Campurkan soda kue, peroksida dan peras setengah lemon dalam mangkum. Rendam lemon dalam larutan dan oleskan langsung ke area gelap dengan menggosok lemon pada lutut atau sikumu.

Biarkan selama beberapa menit. Ulangi beberapa kali, lalu basuh dengan air dingin dan nikmati hasilnya. Untuk hasil maksimal, kamu bisa lakukan secara teratur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini