Sukses

Ingin Bahagia, Berhenti Menyalahkan Diri Atas 14 Hal Ini

Terkadang kita menyalahkan diri sendiri atas cara kita menjalani hidup.

Liputan6.com, Jakarta - Terkadang kita menyalahkan diri sendiri atas cara kita menjalani hidup. Terlebih bila Anda berbicara dengan teman-teman atau melihat di media sosial, kemudian membandingkan hidup Anda dengan yang lain.

Kita membuat diri kita merasa bersalah tentang hal-hal yang seharusnya tidak terjadi. Setop melakukan hal itu. Berikut hal-hal yang seharusnya tidak membuat Anda malu karenanya seperti dilansir dari Brightside.me.

1. Pilihan karier

Anda harusnya bangga dengan pilihan pekerjaan yang Anda ambil, apapun yang terjadi. Cobalah untuk menyenangi pekerjaan Anda.

Terkadang, memilih jalur karier berbeda, terlebih saat melihat teman-teman yang dipromosikan dengan gaji yang lebih baik, dapat membuat Anda tertekan. Anda cenderung mempermalukan diri sendiri karena pilihan karier Anda.

2. Kecacatan atau kurangnya kemampuan

Anda mungkin dilecehkan karena cacat atau kurang mampu dalam sesuatu, tapi Anda tak perlu mempermalukan diri sendiri karenanya. Setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahan sendiri. Jadi jika Anda tak pandai dalam sesuatu, tidak berarti Anda gagal. Kemampuan Anda mungkin ada di hal lain.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

3. Memiliki "me time"

Tak semua orang memiliki kebebasan mendapatkan "me time." Jika Anda seorang ibu misalnya, Anda bisa merasa bersalah bila meninggalkan dapur atau anak-anak sementara.

Faktanya, tiap orang pantas untuk memiliki waktu sendiri dan memanjakan diri tanpa mengkhawatirkan orang lain untuk sementara waktu. Jadi, jangan merasa bersalah tentang hal itu.

4. Teman dan pasangan

Anda mungkin memiliki pasangan atau teman dalam hidup yang orang lain pikir tidak cukup keren/baik untuk Anda. Padahal jika mereka memperlakukan Anda dengan baik, tak masalah jika mereka dianggap tidak keren. Anda harusnya senang bahwa ada orang-orang seperti mereka di dunia yang peduli pada Anda.

 

3 dari 7 halaman

5. Dari mana Anda berasal

Jika Anda malu dengan masa lalu Anda, kecil kemungkinan Anda bisa menghargai masa kini dan menghadapi masa depan. Menerima masa lalu Anda sebagai hal yang telah membentuk Anda adalah salah satu cara untuk mulai mencintai diri sendiri. Jika Anda berasal dari tempat yang buruk, biarkan itu menjadi pengingat bahwa Anda lebih baik sekarang.

6. Makanan yang dimakan

Terkadang ada orang yang membuat Anda merasa bersalah ketika Anda menikmati suatu makanan yang lezat. Padahal Anda tak perlu mempermalukan diri sendiri karena makanan selama Anda tetap menjaga kesehatan. Makan adalah salah satu kesenangan terbesar dalam hidup dan jika Anda mampu membelinya, Anda harus menikmatinya.

 

4 dari 7 halaman

7. Status hubungan

Mungkin Anda lebih suka melajang atau merasa lebih baik berpisah dengan pasangan. Bahkan jika orang-orang tak setuju dengan Anda, Anda tak perlu mempermalukan diri sendiri karenanya. Memiliki pacar atau menikah mungkin tampak hebat, tapi jika Anda merasa lebih bahagia melajang, Anda seharusnya tak merasa bersalah karenanya.

8. Menjadi berbeda

Sulit menjadi bagian dari minoritas, jadi tak membantu jika Anda juga membuat diri merasa buruk karena menjadi berbeda. Alih-alih mengubah diri Anda untuk dapat diterima, Anda seharusnya memanfaatkan keunikan Anda dengan baik.

 

5 dari 7 halaman

9. Hal-hal yang Anda mampu dan tak mampu

Dalam dunia materalistis, bukan hal yang aneh untuk merasa malu jika Anda tak mampu membeli barang-barang bermerek dan trendi. Namun, Anda harus ingat bahwa label seharusnya tak boleh mendefinisikan Anda. Hiduplah sesuai kemampuan dan menyenangi apa yang Anda miliki.

10. Berat, ukuran, atau bentuk tubuh

Bobot, ukuran, dan bentuk tubuh tertentu mungkin lebih disukai orang, tapi itu bukan alasan yang baik untuk mempermalukan diri sendiri karena bentuk tubuh Anda. Anda tak seharusnya malu dengan tubuh Anda. Lihatlah ke cermin dan katakan pada diri sendiri bahwa Anda juga cantik.

 

6 dari 7 halaman

11. Hobi dan minat

Bahkan hobi tertentu kadang dianggap rendah di mata orang lain. Jika Anda memang menyukai merajut, berkebun, atau lainnya, Anda harus bangga karenanya. Asalkan itu tidak berbahaya bagi siapa pun, Anda bebas memiliki minat pada apapun.

12. Menjadi emosional

Menjadi dewasa terkadang berarti Anda diharapkan tidak menunjukkan terlalu banyak emosi. Meski begitu, Anda bukan robot dan diizinkan untuk mengekspresikan emosi Anda.

Jadi, biarkan air mata bergulir ketika hati Anda hancur atau bahkan saat menonton film. Tak perlu mempermalukan diri sendiri ketika mengekspresikan diri.

 

7 dari 7 halaman

13. Cara Anda berpakaian

Ada sekelompok orang yang menganggap cara berpakaian tertentu yang benar. Cara Anda berpakaian yang berbeda kemudian membuat mereka berani mempermalukan Anda. Padahal, Anda seharusnya bangga dengan apapun yang nyaman dikenakan. Pakaian Anda harus menjadi cara Anda mengekspresikan diri, jadi percaya diri lah.

14. Mengalami keguguran atau tak bisa hamil

Ini mungkin hal yang tabu bagi sebagian orang. Wanita cenderung menyalahkan dan mempermalukan diri sendiri bila ini terjadi. Padahal tidak demikian. Anda harus mengingatkan diri Anda bahwa itu bukanlah kesalahan Anda dan Anda tak apa-apa karenanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.