Sukses

Fitur Unsend di Whatsapp Tidak Berfungsi Baik di iPhone, Ini Sebabnya

Terungkap kekurangan fitur 'unsend' di Whatsapp.

Liputan6.com, Jakarta Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chatting terpopuler saat ini. Melalui aplikasi tersebut, pengguna dapat mengirimkan pesan berupa teks, audio, gambar, hingga video. Terkadang, seseorang merasa ada yang salah setelah mengirimkan pesan dan ingin mengurungkan niatnya.

 

Oleh sebab itu, Whatsapp mengeluarkan fitur ‘Delete for Everyone’ atau ‘Hapus untuk Semua’. Fitur yang diperkenalkan sejak dua tahun lalu tersebut memungkinkan pengguna Whatsapp untuk menghapus pesan yang telah terlanjur terkirim. Namun, ternyata ada kelemahan dari fitur tersebut yang tidak banyak diketahui masyarakat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Whatsapp di iPhone

Fitur ‘Hapus untuk Semua’ tersedia dalam waktu 1 jam 8 menit 16 detik setelah pengiriman pesan. Tetapi ketika Anda mengirim pesan ke pengguna iPhone lalu menghapusnya, ternyata pesan yang dikirimkan masih bisa tersimpan pada perangkat iPhone tersebut. Hal tersebut dapat terjadi dalam pengaturan default di iPhone.

3 dari 5 halaman

Masalah Privasi

Seorang Konsultan Keamanan Aplikasi, Shitesh Sachan, menemukan kekurangan ini yang dikatakan sebagai masalah privasi. Dilansir dari The Hacker News, fitur untuk Whatsapp di sistem iOS belum dirancang untuk menghapus data media yang diterima dari Camera Roll iPhone.

4 dari 5 halaman

Dibandingkan dengan Telegram

Menurut The Hacker News, ada pandangan bahwa kebijakan Apple tidak mengizinkan untuk aplikasi membuat perubahan pada data di Camera Roll. Fitur ini dibandingkan dengan aplikasi chat lainnya bernama Telegram.

Ketika Telegram mengeluarkan fitur ‘Hapus untuk Semua’, perusahaan langsung segera memperbaiki kekurangan serupa, sama seperti yang dialami Whatsapp.

5 dari 5 halaman

Mungkin Berubah

Sachan telah melaporkan masalah ini kepada Whatsapp, tetapi pihak Whatsapp menolak untuk mengatasi masalah ini. Justru pihak Whatsapp mengatakan bahwa tidak ada jaminan kepada pengguna bahwa pesan yang dikirimkan akan terhapus.

“Penerima mungkin melihat pesan Anda sebelum dihapus atau jika penghapusan tidak berhasil," ujar Tim Keamanan Whatsapp.

Namun, perusahaan Whatsapp mengisyaratkan bahwa perubahan pada fitur dan implementasinya di masa depan mungkin berubah. Juru Bicara Whatsapp mengatakan bahwa ada rencana jika pengguna iPhone memilih untuk menyimpan gambar ke Camera Roll, maka fitur ‘Hapus untuk Semua’ tidak akan tersedia.

 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.