4 Cara Mudah Ubah Pola Pikir yang Membuat Hidupmu Lebih Bahagia

Oleh Liputan6dotcom pada 19 Sep 2019, 10:00 WIB
Diperbarui 20 Sep 2019, 23:13 WIB
Ilustrasi berpikir negatif

Liputan6.com, Jakarta - Studi dari Prosiding National Academy of Sciences mengatakan bahwa orang yang optimis memiliki umur 11 hingga 15 persen lebih lama dibandingan dengan orang pesimis. Peluang untuk mencapai usia 85 tahun ke atas dikatakan lebih besar untuk orang-orang optimis.

Menurut seorang psikolog klinis, Linda Blair, perubahan besar bagi orang yang kurang optimis dapat dirasakan bila orang tersebut mengubah cara pikirnya dan memilih tempat kerja yang memeperkuat pandangan positif.

Dilansir dari The Guardian, Kamis (19/9/2019), berikut beberapa tips cara mengubah pemikiran agar lebih positif.

2 of 5

Berpikir 'Abu-Abu'

Ilustrasi Foto Hitam Putih. Kredit: Nikolapeskova via Pixabay
Ilustrasi Foto Hitam Putih. Kredit: Nikolapeskova via Pixabay

Linda mengatakan agar tidak terlalu bergantung pada pemikiran yang ‘hitam-putih’. Pemikiran ‘hitam-putih’ yang dimaksud Linda adalah berpikir “Apa yang baik mengenai hal ini?”

Menurut Linda, pemikiran tersebut akan membuat kita tidak percaya dengan sisi baik dari suatu hal. Namun, optimisme justru dapat digapai dengan bersikap lebih realistis dengan melihat hal baik dan buruk dari sesuatu, kemudian baru diproses dalam pikiran.

“Tantang diri Anda dengan nuansa abu-abu. Ada jalan tengah. Tanya dirimu: apa saja faktanya?” ujar Linda seperti dilansir dari The Guardian.

3 of 5

Lingkungan yang Positif

ilustrasi pertemanan
ilustrasi teman/copyright Rawpixel

Linda juga mempercayai bahwa optimisme dapat diperkuat dengan cara menghabiskan waktu bersama orang-orang yang memiliki pikiran positif (melihat segala sesuatu hal dari sisi baiknya).

Lingkungan yang berbeda juga akan mempengaruhi cara kita berpikir dalam waktu singkat maupun lama.

4 of 5

Jurnal Rasa Terima Kasih

Ilustrasi catatan pengeluaran
Ilustrasi membuat catatan pengeluaran (foto: shutterstock.com)

Salah satu peneliti dalam studi yang sama, Eric Kim, mengatakan bahwa seseorang dapat menjadi lebih optimis dengan membuat ‘jurnal rasa terima kasih’. Caranya adalah dengan menulis tiga hal yang Anda syukuri setiap hari, dan mencatat hal-hal baik yang Anda lakukan untuk orang lain.

5 of 5

Melatih Pikiran

20151116-Ilustrasi-Meditasi
Ilustrasi Meditasi (iStockphoto)

Anda dapat melatih pikiran dengan cara membayangkan diri Anda mencapai kesuksesan, serta juga memikirkan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan tersebut. Selain itu, meditasi juga dapat dilakukan untuk membantu kita melihat sisi baik dari sesuatu. Pastikan juga untuk memiliki tidur yang cukup.

“Ketika kita lelah, kita menjadi emosional dan emosional biasanya berarti kita takut. Kita memikirkan masa depan dan kita khawatir tentang bagaimana hal itu akan terjadi dengan cara yang di luar kendali kita. Saat Anda lelah, lebih sulit untuk bersikap logis,” tutur Linda.

Mengubah cara pikir dibutuhkan waktu dan latihan. Menurut Linda, latihan mengubah pola pikir mungkin akan berhasil dalam waktu satu tahun hingga benar-benar tertanam di sepanjang hidup kita.

Ia menyarankan agar orang yang sedang berlatih mengubah cara pikir untuk mencatat setiap perkembangan yang dirasakan.

Penulis:

Timothy Juliano

Unviersitas Multimedia Nusantara

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by