Sukses

Abaikan Sakit Gigi Lebih dari Setahun, Remaja Ini Malah Kena Tumor Rahang

Gara-gara mengabaikan sakit gigi selama lebih dari satu tahun, remaja ini malah kena tumor di rahang.

Liputan6.com, Tiongkok - Seorang remaja di Hangzhou, Tiongkok harus mengalami kondisi mengerikan karena mengabaikan sakit gigi selama lebih dari setahun.

Sakit gigi yang dialami remaja berumur 15 tahun ini awalnya tidak mempengaruhi kehidupan sehari-hari, tapi setelah satu tahun ia merasakan sakit yang luar biasa. Untuk itu, ia memutuskan pergi ke dokter gigi untuk melakukan pengecekan pada giginya.

Melansir World of Buzz, Jumat (13/9/2019), dokter yang memeriksanya langsung melakukan pemindaian tomografi dan menemukan bahwa sakit gigi yang dialami pasiennya sebenarnya adalah ameloblastoma atau tumor rahang dan tampak lebih sering di rahang bawah daripada rahang atas.

Ameloblastoma juga sejenis tumor yang menyebar ke bagian tubuh lain (metastasis).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalani Operasi

Setelah melihat hasil dari pemindaian, dokter melihat bahwa rahang remaja itu telah "dimakan" tumor dan kerusakan tulang sangat parah sehingga meninggalkan lubang besar.

Dokter menjelaskan bahwa meski ameloblastoma tumbuh lambat, mereka sangat invasif dan jika tidak menghilangkan tumor sepenuhnya, itu akan kembali lagi.

Operasi yang dilakukan remaja itu pun berjalan dengan baik, dan ia perlu mendapatkan beberapa implan di kemudian hari sehingga bisa makan dan hidup normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.