9 Hal yang Tak Dapat Dilakukan Manusia Biasa, Coba Kalau Tidak Percaya

Oleh Sulung Lahitani pada 11 Sep 2019, 17:00 WIB
[Bintang] Menyimak Evolusi Hewan dalam Lipatan Kertas yang Bikin Kagum!

Liputan6.com, Jakarta - Manusia merupakan makhluk hidup yang paling pandai beradaptasi. Manusia bisa menciptakan kapal selam agar bisa menyelam di laut dalam, pakaian astronot untuk di luar angkasa, bahkan pakaian anti api.

Namun demikian, ada beberapa fakta kemampuan manusia yang bakal mengejutkan Anda. Berikut ini hal-hal tersebut seperti dilansir dari Brightside.me.

1. Melipat kertas 8 kali

Kertas apapun ternyata tak dapat dilipat lebih dari 7 kali. MythBusters pernah melakukan percobaan dan menghasilkan kesimpulan tersebut.

Dengan kata lain, bahkan selembar kertas yang sangat besar dan kering tak dapat dilipat lebih dari 7 kali. Itu terbukti dengan kertas A4.

 

2 of 6

2. Menekuk kelingking tanpa menggerakkan jari manis

Panjang Jari Kelingking Ungkap Kepribadianmu, Yuk Dicek
Jari kelingking pendek (brightside.me)

Semua jari saling berhubungan. Mereka berbagi tendon fleksor yang memungkinkan Anda menekuk jari. Jika Anda mencoba untuk menekuk satu jari, jari lain akan ikut menekuk.

3. Memecahkan telur dengan jari

Anda tak akan bisa memecahkan telur dengan memegang atas dan bawahnya. Bentuk telur lah penyebabnya.

Ketika kita memberikan tekanan pada telur dengan jari-jari kita, tekanan akan didistribusikan secara merata ke seluruh permukaan telur. Dan jika ada tekanan yang sama pada seluruh telur, hanya akan ada sedikit ketegangan pada cangkang.

 

3 of 6

4. Memutar kedua tangan dengan cepat pada kecepatan sama

Ilustrasi Menggelitik
Ilustrasi Menggelitik (pixabay.com)

Kita bukan makhluk simetris, dan ini berlaku untuk tangan kita juga. Tangan kanan bisa lebih kuat daripada tangan kiri, jadi Anda bisa menggerakkannya lebih cepat atau membuat lingkaran yang lebih besar.

5. Menggelitik diri sendiri

Ilmuwan neurologis telah menunjuk otak kecil sebagai bagian dari otak yang yang mencegah kita dari rasa geli. Bagian otak ini dapat membedakan sensasi yang diharapkan dari sensasi yang tak terduga.

 

4 of 6

6. Menelan satu sendok penuh kayu manis bubuk

[Bintang] Coba Resep Roti Panggang Perancis untuk Sarapan di Akhir Pekan
Bubuk kayu manis

Kayu manis mengandung zat yang memicu refleks muntah dan sebagian besar sensasi itu terjadi di mulut dan tenggorokan.

7. Berbicara sambil menarik napas

Untuk berbicara, Anda butuh udara yang lewat oleh mereka untuk membuat getaran dan suara. Anda masih dapat menghasilkan suara saat menarik napas, tapi kedengarannya aneh.

 

5 of 6

8. Menjilat siku sendiri

Siku Kamu Hitam? 3 Bahan Alami Ini Mampu Menghilangkannya
Mempunyai siku hitam membuat penampilan nggak nyaman banget.

Orang yang bisa melakukan hal ini sangat langka. Anda hanya bisa melakukannya jika Anda memiliki lengan atas yang pendek yang dipadukan dengan lidah yang panjang dan tak normal. Plus, Anda juga harus fleksibel.

9. Menahan napas sendiri

Anda tak akan pingsan hanya dengan menahan napas sendiri. Oksigen diperlukan untuk proses metabolisme normal dan sistem sensorik kita dirancang untuk mengukur kadar CO2 dan memotivasi. Ketika level ini naik ke titik tertentu, Anda akan merasakan dorongan untuk bernapas.

6 of 6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓